Bobotoh Masuk Lapangan, Persib Didenda Rp 30 Juta

Persib

Kamis, 2 April 2020 | 15:11 WIB

200402151149-bobot.JPG

Darma Legi

Pemain Persib Bandung Geffrey Castellion (kedua kiri) berusaha melewati hadangan para pemain Persela Lamongan pada pertandingan Liga 1 2020 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung, Minggu (1/3/2020).

TIM Persib Bandung mendapatkan sanksi pertamanya di Liga 1 2020. Komite Disiplin PSSI mengeluarkan rilis hasil sidang Komdis yang dilakukan pada Jumat tanggal 13 Maret 2020 lalu.

Pada rilis yang dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (2/4/2020), Komdis memberikan sanksi denda sebesar Rp 30 juta yang ditujukan kepada panitia pelaksana pertandingan Persib, saat Maung Bandung menjamu Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat pada tanggal 1 Maret 2020.

Jenis pelanggaran yang dilakukan adalah suporter Persib masuk ke area lapangan, sehingga Komdis pun mengeluarkan hukuman berupa denda Rp 30 juta.

Hukuman lain kemungkinan akan dihadapi oleh Persib. Pasalnya, saat menghadapi PSS Sleman di pertandingan pekan ketiga masih ada oknum suporter yang menyalakan flare.

Ditulis wartawan "PR", Irfan Subhan, Arema FC menjadi tim yang paling banyak mendapatkan hukuman dari Komite Disiplin PSSI. Total ada empat poin hukuman yang diberikan untuk tim berjuluk Singo Edan tersebut.

Poin pertama Komdis PSSI memberikan hukuman teguran keras kepada pelatih Arema FC Roberto Carlos Mario Gomez, yang dinilai melakukan protes berlebihan kepada wasit cadangan ketika Arema dijamu oleh Tira-Persikabo.

Hukuman teguran keras juga diberikan kepada ofisial Arema FC Charis Yulianto, yang juga dinilai melakukan protes berlebihan kepada wasit cadangan saat Arema mengalahkan PS tira Persikabo.

Tidak hanya itu, Komdis PSSI juga menjatuhkan hukuman denda dengan total Rp 100 juta untuk Arema saat menghadapi Persib di stadion Kanjuruhan pada tanggal 8 Maret 2020. Denda pertama sebesar Rp 50 juta diberikan karena pemain Arema mendapatkan 5 kartu kuning dalam satu pertandingan.

Sementara denda kedua yang juga sebesar Rp 50 juta dijatuhkan Komdis PSSI karena suporter melakukan pelemparan botol ke dalam lapangan dan masuknya suporter ke dalam lapangan.

Komite disiplin PSSI juta memberikan hukuman kepada dua pemain Persipura Jayapura, Arthur Cunha Da Rocha dan Israel Wamiau. Arthur mendapatkan sanksi larangan bermain satu pertandingan dan denda Rp 10 juta karena dinilai melakukan tindakan tidak sportif dan melanggar Fair Play saat Persipura melawan Borneo FC.

Sementara Israel Wamiau disanksi hukuman larangan bermain dua pertandingan dan denda Rp 10 juta, karena menendang pemain lawan ketika tim Mutiara Hitam ditantang oleh PSIS Semarang.

Hukuman dari Komdis PSI juga diberikan kepada pemain Persela Lamongan Gabriel Do Carmo yang melakukan tindakan tidak sportif dan melanggar Fair Play saat Persela melawan PSIS Semarang. Akibatnya, Komdis pun memberikan hukuman larangan bermain sebanyak dua pertandingan dan denda Rp 20 juta.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR