Pemkab Bandung Barat Siapkan 75 Ribu Masker Secara Gratis

Bandung Raya

Rabu, 1 April 2020 | 20:40 WIB

200401204212-pemka.jpg

MENCEGAH mewabahnya virus corona, Pemkab Bandung Barat menyiapkan 75.000 masker yang akan dibagikan kepada masyarakat. Sasarannya pedagang pasar, tukang ojek, aparat desa, sampai RT/RW.

"Masker diperuntukkan bagi orang yang termasuk dalam kategori risiko tinggi dan masyarakat umum di 165 desa se-Kabupaten Bandung Barat. Termasuk juga untuk aparat  yang aktivitas pelayanannya tidak berhenti. Seperti RT dan RW, kerjanya langsung bersentuhan dengan masyarakat dan kerjanya kadang tidak mengenal waktu," kata Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna di Lembang, Rabu (1/4/2020).

Uniknya, 75.000 masker tersebut dibuat oleh pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Bandung Barat. Sehingga para pelaku UKM ini dapat lebih berdaya di tengah wabah corona.

"Corona berdampak luas terhadap seluruh sendi kehidupan manusia. Tanpa terkecuali para pelaku UKM. Dengan kita serahkan pembuatan masker pada mereka, bisa memulihkan perekonomiannya," imbuhnya.

Selain menyiapkan 75.000 masker, bupati juga mengungkapkan Pemkab Bandung Barat akan menyiapkan ruang isolasi di tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Ketiga rumah sakit itu adalah RSUD Lembang, RSUD Cikalongwetan dan RSUD Cililin.

"Akan kita siapkan 60 bed untuk menangani pasien corona. Untuk meyiapkan ruang isolasi lengkap dengan bed serta fasilitas lainnya dibutuhkan anggaran Rp 17 miliar," ungkapnya.

Langkah lainnya yang sudah diambil mendirikan tenda pleton dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat di 3 RSUD untuk screening awal dalam penanganan Covid-19.  Di samping itu, penyemprotan cairan disinfektan hingga ke seluruh desa.

"Minimalnya dua alat penyemprotan sekaligus cairan disinfektannya akan dibagikan ke setiap desa," ucapnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR