Cegah Covid-19, Lapas Subang Bakal Bebaskan 23 Napi

Daerah

Rabu, 1 April 2020 | 18:03 WIB

200401180515-cegah.jpg

Kepala Lapas Kelas II A Subang, Kusnali sedang memberikan sosialisasi Permen Kumham dihadapan warga binaannya, Rabu (1/4/2020).

LEMBAGA Pemasarakatan (Lapas) Kelas IIA Subang bakal merumahkan narapidana atau warga binaannya dalam waktu dekat sesuai aturan dan arahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Hal ini berkaitan dengan merebak dan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Kalapas Kelas II A Subang, Kusnali didampingi Bagian Bimbingan dan Perawatan LP Subang, Robin yang ditemui Rabu (1/4/2020) membenarkan kalau jumlah yang bakal dirumahkan dari lembaga yang dipimpinannya hanya sebanyak 23 napi.

“Ya jumlahnya masih perkiraan dan ini diatur dalam Perrmenkumham No. 10 tahun 2020 tetang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19,”ujarnya.

Selain itu juga diatur dalam Keputusan Menteri Kumham No:  M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

“Jadi kalau  sudah oke nanti kita harus koordinasi dengan pihak Kejaksaan, Kepolisian dan intansi terkait lainnya. Sebab, pengeluaran dan merumahkan narapidana akan dilaksanakan melalui asimilasi, dan intergritas,” kata Kusnali.

Diungkapkan langkah ini merupakan upaya pencegahan dan penyelamatan narapidana yang berada di Lapas Kelas IIA Subang dari penyebaran Covid 19 dan tentu saja warga binaan atau naripidananya sudah menjalani setengah masa pidana per April sampai 31 Desember 2020 sesuai vonis Pengadilan. 

“Bukan hanya pulang, tetap dipantau kesehatan dan kebebasan mutlak yang ada dari pihak mereka. Kira-kira gambarnya seperti itu,” pungkasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR