Hujan Deras, Wilayah Cimahi Dilanda Longsor

Bandung Raya

Selasa, 31 Maret 2020 | 19:59 WIB

200331195944-hujan.jpg

Laksmi Sri Sundari

HUJAN dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Cimahi, Selasa (31/3/2020), menyebabkan longsor di sejumlah titik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja ada beberapa ruas jalan yang sempat tertutup longsoran tanah.

Titik longsor tersebut diantaranya terjadi di Kampung Cukang Kawung RT 01/RW 17 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara, Kampung Nyalindung RT 07/RW 05 Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara, Jalan Martasik Kampung Cibaligo RT 01/RW 10 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara, dan di  RW 20 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Nanang didampingi Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik,  Emir Faisal menjelaskan, penyebab longsor di beberapa titik ini karena intensitas hujan yang tinggi.

Menurutnya, akibat longsor tersebut menyebabkan akses jalan tertutup, seperti di Kampung Cukang Kawung RT 1/RW 17 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Material longsor mengakibatkan tembok penahan tanah (TPT) roboh, sehingga menutupi akses jalan masyarakat untuk melintas.

Menurur Nanang, longsor terjadi pada tanah dengan ketinggian 4 meter, lebar 2 meter, dan panjang 7 meter. "Longsor mengakibatkan TPT roboh kuramg lebih  3x7 meter persegi. Material longsor menutupi akses jalan, sehingga tidak bisa dilintasi masyarakat," ujarnya.

Untuk mengatasi material longsor yang menutupi jalan tersebut, dilakukan pemnersihan secara swadaya, agar ruas jalan bisa segera dilintasi. "Memang materialnya menutupi jalan. BPBD Kota Cimahi bekerja sama dengan masyarakat dan Tagana untuk membersihkan material longsor," katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. "Namun, berpotensi longsor susulan karena sebagian TPT tergerus, sehingga bisa memicu bagian tembok lain ikut roboh," tuturnya.

BPBD Kota Cimahi melakukan assessment di lokasi kejadian, serta turut memberikan bantuan logistik berupa sarden 30 kaleng, mi instan 2 dus, dan sandang 2 paket.

"Mengingat potensi bencana susulan yang bisa terjadi, diperlukan assessment mitigasi bencana dalam upaya pencegahan longsor lanjutan. BPBD Kota Cimahi turut berkoordinasi dengan dinas terkait Pemkot Cimahi untuk penanganan lanjutan di lokasi bencana," jelasnya.

Selain longsor, intensitas hujan yang tinggi juga menyebabkan banjir di sejumlah titik, yakni di Melong, Kampung Mancong, dan Jalan Mahar Martanegara.

 

 

 

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR