Foto-foto Jelang Megxit Ungkap Keretakan Hubungan Kate Middleton dan Meghan Markle

Dunia

Selasa, 31 Maret 2020 | 14:00 WIB

200331135611-membu.jpg

dailymail

Besok 1 April 2020 menandai fase baru kehidupan The Sussexes, Pangeran Harry dan Meghan Markle yang memutuskan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris. Artinya mulai kini keduanya tak lagi menjadi bagian istana dan bebas dari tugas resmi. Selain tak lagi dapat menggunakan gelar bangsawan, keduanya harus mendanai sendiri biaya keamanan mereka.

Meski dibantah pihak dalam istana rumour yang berkembang keputusan Harry memicu ketegangan dengan The Cambridge. Baik antara dirinya dengan Pangeran Wiliam ataupun Kate Middleton yang kabarnya dibuat menangis karena merasa kehilangan adik ipar yang dulu dekat dengannya.

Menikah Mei 2018.

Menjadi pusat ketegangan yang mendasari keputusan Harry hijrah dari Inggris ke Los Angeles AS, hubungan Meghan Markle dan Kate Middleton kini kaku dan dingin. Ini terlihat dari penampilan terakhir mereka di Westminster Abbey untuk acara resmi tahunan Commonwealth Service bersama Ratu Elizabeth bulan lalu.

Memburuknya hubungan The Cambridge dan The Sussex khususnya Kate dan Meghan dalam waktu kurang dari dua tahun terlihat dari serangkaian foto pertama mereka di momen Natal tahun 2017. Dalam protokol tahunan di Sandringham di mana anggota istana berjalan menuju Gereja St. Magdalene, untuk pertama kalinya Meghan bergabung dengan keluarga penguasa monarki tertua di Eropa.

Terakhir bertemu tegang dan dingin.

Meski nervous, ia mendapat dukungan termasuk dari Kate yang berjalan beriringan. Namun fast-forward dua tahun kemudian, tak ada lagi senyum hangat dan kedekatan di antara Kate dan Meghan yang sama-sama berusia 38 tahun. Seperti apa tepatnya keretakan hubungan keduanya?
Berikut kompilasi DailyMail bersama pakar bahasa tubuh Adrianne Carter dan Amana Walker:

Desember 2017: The Honey Moon Period 

Kedatangan Meghan sebagai anggota baru yang akan menjadi pendamping pewaris tahta keenam, Pangeran Harry ditandai kehairannya dalam momen sakral menjuju Gereja St. Mary Magdalene di Sandringham, Norfolk tepat di hari Natal 2017.  Dijuluki The Fabulous Four, Meghan berjalan beriringan dengan William, Kate dan Harry. Selain kegugupan Meghan tak ada ketegangan di antara keempatnya.

“Tak ada disharmoni. Langkah mereka bahkan berirama, sesuatu yang hanya terjadi saat kita berada di antara orang yang dekat dengan kita. Meski tak bersisian Kate dan Meghan terlihat dekat,” ujar Adrianne yang diiyakan Amana. “Ini awal pertemanan, mereka berusaha dekat tapi semua berlangsung wajar dan hangat.”

We're friends! The Cambridges dan Sussexes di Sandringham pada Natal 2017.

Februari 2018: Rileks dan Tampil sebagai "Tim"

Februari tahun berikutnya, Meghan semakin terlibat dalam tugas reami istana.Salah satunya dengan menghadiri Royal Foundation Forum bersama William dan Kate yang tengah mengandung Pengeran Louis. “Di sini masih tak ada ketegangan, masa bulan madu dan kehamilan Kate membuat atmosfer tetap rileks,” ujar Amana. Kate pun tampak fine-fine saja saat Meghan mendominasi diskusi.

The Firm! Meghan terlihat santai bersama Kate saat menghadiri Royal Foundation Forum pada 28 Februari 2018. Namun pada Juni 2019, Meghan dan Harry mengumumkan mereka akan melakukan amal secara terpisah.

Mei 2018: Foto Pernikahan Ungkap Ketegangan

Tak lama setelah pernikahan Meghan dan Harry yang disaksikan ratusan juta warga dunia pada 21 Mei 2018, keluarga kerajaan melakukan foto bersama. Menurut Amana foto pertama keluarga besar menjadi petunjuk jika situasi tak seindah yang dibayangkan. Terutama Kate yang diberitakan menangis karena ketegangan terkait baju pengiring pengantin Putri Charlotte.

Foto emosional dengan berlapis emosi.

Meskipun pernikahan merupakan momen bahagia senyum Kate dalam foto ini cenderung ‘terpaksa’. Secara fisik pun ia menjauh dari Meghan dan memeluk protektif Putri Charlotte. Ini indikasi seseorang tak ingin berada di sana jika bukan keharusan.

Juni 2018: First Cracks in The New Friendship? 

Foto-foto Kate dan Meghan saat perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth, Trooping the Colour pada Juni 2018 semakin menguatkan spekulasi yang menyebut tak ada lagi pertemanan di antara keduanya. “Kate menyilangkan tangan dengan sangat formal. Gestur yang dilakukan saat seseorang mencoba menyembunyikan emosi. Kate sadar ia tak ingin media menangkap emosi terdalamnya,” ujar Amana.

Sebaliknya dengan Meghan. Amana menyebut sebagai artis, Meghan menunjukkan bakat aktingnya. “Di sini yang kita lihat Meghan sebagai artis yang memperlihatkan senyum ‘terjaga’, berpose. Dia ingin memastikan publik melihat sosoknya seperti yang diinginkannya.” Apa pun itu, publik tak hanya mendengar tapi mulai melihat bukti dari spekulasi yang berkembang.

The first indicator that all isn't well? Juni 2018, balkon Buckingham Palace saat Trooping the Colour menjadi saksi keretakan Kate dan Meghan.

Dua kali Trooping The Colour: Dekat tapi jauh..

Ditambahkan Adrianne, “Kate jelas fokus pada perannya. Ia memusatkan perhatian ke depan meski tahu benar Meghan berada di belakangnya. Kate sama sekali tak berusaha berbincang dengannya.” Meghan sendiri berdiri sangat dengat dengan Kate hingga hampir di semua foto keduanya seolah tak terpisahkan. “Apakah Meghan sengaja melakukannya? Bisa saja karena ia ingin memastikan dirinya baik-baik saja..”

Oktober -  Desember 2018: Hubungan Kian Memburuk   

Satu tahun setelah penampilan perdana, Natal 2018 publik Inggris diramaikan tabloid yang menyebut hubungan Kate dan Meghan kian memburuk. Meski duduk berdampingan di pernikahan Putri Eugenie dan Jack Brooksbank pada Oktober 2018, tak ada lagi gestur hangat.

Saat tiba momen yang sama di Sandringham, pemandangan yang berbeda tersaji di pelataran Gereja St. Mary Magdalene. “Kate dan Meghan tetap saling tersenyum tapi tak lagi akrab. Yang mengejutkan bahkan Pangeran William dan Pangeran Harry terlihat tidak lagi nyaman berada di tempat yang sama,” ujar Adrianne.

Momen krusial Commonwealth pertama: tak ada yang bisa lagi disembunyikan.

Maret 2019: Growing Apart

Foto-foto Commonwealth Day Service di Westminster Abbey yang mengonfirmasi hubungan William dan Harry yang tak lagi sama disebut pakar sudah tercium sejak Maret 2019 atau terakhir kali The Cambridge dan The Sussexes tampil bersama.

Dikatakan Adrianne, “Kate memilih sangat formal dengan ekspresi netral. Sekali lagi untuk menyembunyikan emosi di tengah sorotan kamera. Sementara Meghan berusaha terlihat normal tapi senyumnya bukan senyum yang alami, lebih sebagai tuntutan sosial.”

Kate dan William berdiri bersama Harry dan Meghan di Westminster Abbey pada Maret 2019. Kate tetap “profesional” meski menyembunyikan perasaan. Sedangkan Meghan memilih tetap berbasa-basi.

Juli 2019: Upaya Berbaikan dengan Tenis dan Kelahiran Archie   

Wimbledon dan kelahiran Archie Harrison Mountbatten-Windsor menjadi dua momen yang sempat diharapkan menjadi jembatan membaiknya hubungan Kate dan Meghan. Kedua menghadiri Wimbledon dan duduk berdampingan dengan gestur yang lebih rileks. Meski demikian Meghan mengenakan kacamata hitam yang melindungi ekspresi facial. Amana menyebut, “Kate lebih alami karena bisa jadiWimbledon sudah menjadi elemennya.

Meghan meski santai tetapi lebih ekspresif dengan gerakan tangan dan tubuhnya tapi seperti apa ekspresi sesungguhnya tak ada yang tahu. Momen ini secara keseluruhan lebih terlihat seperti momen bisnis, meeting kewajiban bukan dua teman yang bertemu untuk menyaksikan tenis.”

Juli 2019 Kate yang pencinta tenis terlihat ramah dan berinteraksi alami dengan Meghan.

Berikutnya Meghan dan Kate sama-sama menghadiri King Power Royal Charity Polo Day di Billingbear Polo Club Berkshire. Keduanya membawa serta anak mereka. Tetapi diharapkan menjadi jalan rekonsiliasi, keduanya terlihat terpisah meski dengan kehadiran Pangeran Louis dan Archie.

Amana mengatakan, “Meski berdekatan mereka tak terlihat akrab bahkan dengan kehadiran anak kecil yang biasanya mencairkan suasana. Kate bahkan membelakangi Meghan dan menghindari kontak mata dengan bermain bersama Louis.” Dan seperti di Wimbledon Meghan mengenakan kacamata hitam.

Look of love: Kate dan Meghan di Billingbear Polo Club Berkshire 2019...close but yet so far.

Maret 2020: Perpisahan yang Dingin

Diantisipasi media, penampilan terakhir The Sussexes sebagai anggota senior istana bersama keluarga kerajaan Inggris terbukti lebih buruk dari yang diperkirakan. Diawali larangan berjalan bersama Ratu Elizabeth saat memasuki venue di Westminster Abbey untuk acara resmi tahunan Commonwealth Service.

Tak seperti tahun sebelumnya kali ini Harry masuk dalam daftar tamu VIP saja. Berusaha mengurangi tensi, William yang seharusnya berjalan mengiringi Ratu dan pewaris tahta Pangeran Charles memutuskan menunggu seperti Harry. Saat akhirnya The Cambridge tiba sebelum ratu, interaksi keduanya dengan The Sussexes mengonfirmasi hubungan William yang tak lagi sama dengan Harry.

Harry dan Meghan terpisah jauh.

Tersenyum pada Kate, Harry hanya mengangguk membalas sapaan singkat William, “Hi Harry.” Begitu pun Kate yang membalas “Hello” dari Meghan dengan anggukan. Amana menyebut tanpa banyak kata, ekspresi Pangeran Harry mengungkap semuanya.

“Harry jelas terlihat marah dan menghindari kontak mata ataupun berbicara dengan William. Sedangkan Meghan berusaha keras terihat paling normal dengan senyum yang konstan. Tak ada yang tahu apa yang dirasakan Kate tapi duduk di ujung barisan ia terlihat formal jika bukan dingin sejak awal hingga akhir. “

Berada dalam sorotan kamera Kate memilih bersikap formal dan tak ingin mengungkap apa yang dirasakannya.

Baik Adrianne dan Amana menyimpulkan jika pada akhirnya Kate yang juga calon Ratu Inggris berusaha memastikan semua tetap berjalan tanpa kehilangan kepercayaan publik. Sedangkan Meghan Markle yang merasa tak sejalan dengan kehidupan kerajaan, setidaknya kini mendapat apa yang diinginkannya bersama Pangeran Harry yang diakui kehilangan banyak hal terutama kehangatan bersama William dan Kate.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR