Satu Warga Garut Dinyatakan Positif Covid-19, Begini Riwayatnya

Daerah

Selasa, 31 Maret 2020 | 13:04 WIB

200331130404-satu-.jpg

Agus Somantri

Bupati Garut, Rudy Gunawan (kiri) dan wakilnya, dr. Helmi Budiman, saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan di Command Center, Komplek Pendopo Garut, Selasa (31/3/2020).

SEORANG warga Garut dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab di RSUD dr. Slamet, Garut. Bagaimana riwayat pasien ini sampai dinyatakan positif?

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 56 tahun itu datang ke Garut dari Jakarta pada tanggal 20 Maret 2020 lalu dengan menggunakan kendaraan umum. Sementara pihaknya baru melakukan pengetatan di pintu masuk tanggal 21 Maret 2020.

"Saat datang ke Garut itu ia sudah dalam kondisi sakit, demam," kata rudy di Command Center, Komplek Pendopo Garut, Selasa (31/3/2020).

Menurut Rudy, warga Kecamatan Wanaraja tersebut diketahui terkorfirmasi positif (corona) setelah hasil tes keluar pada Senin (30/3/2020) malam pukul 22.00 WIB. Saat ini pasien tersebut dalam kondisi baik.

Sebelum dirawat di ruang isolasi RSUD dr. Slamet Garut, kata Rudy, pria tersebut sempat berobat ke salah satu klinik di Garut Timur. Saat berobat, paramedis di klinik tidak menggunakan alat pelindung diri (APD).

"Makanya kami sekarang ini alami suatu kesulitan untuk memetakannya. Karena sudah terlalu banyak berinteraksi dengan orang. Yang bersentuhan dengan dia banyak sekali," ucapnya.

Rudy menuturkan, pihaknya akan menggelar rapat guna mengambil langkah kongkrit terkait apa yang harus dilakukan. Opsi karantina, menurutnya akan dirapatkan dulu dengan beberapa unsur untuk pencegahan.

"Kami akan rapatkan dulu. Daerah ini perlintasan kecamatannya, jika ditutup banyak hal yang harus dipertimbangkan," katanya.

Rudy menambahkan, pasien positif itu tinggal di dekat pasar yang hanya berjarak sekitar 30 meter dari kediamannya. Apalagi pasar tersebut bisa dikunjungi sampai 5 ribu orang per harinya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR