Jumlah ODP di Kabupaten Garut Terus Melonjak Tajam

Daerah

Senin, 30 Maret 2020 | 20:49 WIB

200330205102-jumla.jpg

JUMLAH Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Garut terus melonjak tajam. Dalam satu hari, bahkan terjadi peningkatan hingga 170 orang. Kebanyakan, para ODP tersebut berasal dari warga Garut yang selama ini bekerja di luar kota dan kini mudik ke Garut.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky R. Darajat, mengatakan, hingga Senin (30/3/2020) sore tercatat ada sebanyak 751 ODP di Garut. Ia menyebut, jumlah ODP dalam satu hari bertambah 170. Sementara untuk kasus positif corona masih nihil atau belum ditemukan.  

"Sedangkan untuk kasus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) jadi 17 orang atau bertambah dua dari sebelumnya 15, yakni laki-laki berusia 66 tahun dan bayi perempuan berusia sembilan bulan," ujarnya, Senin (30/3/2020).

Menurut Ricky, dari sebanyak 751 ODP, 42 di antaranya dinyatakan sehat dan selesai pemantauannya. Sementara 57 orang menjalani perawatan dan 652 kasus masih dalam pemantauan.

"Sedangkan untuk PDP, delapan orang sudah dipulangkan, dan sisanya masih menjalani perawatan di ruang isolasi," ucapnya.

Ricky menyebutkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut terus melakukan berbagai upaya preventif untuk mencegah penyebaran Covid-19, di antaranya dengan melakukan penyekatan di pintu masuk menuju Garut.

"Apalagi ada informasi jika banyak warga Garut yang akan pulang atau mudik menjelang bulan Ramadan," katanya.    

Ricky menuturkan, pihaknya sudah meminta setiap desa dan kecamatan untuk memantau warganya yang baru datang dari luar kota. Selain itu, warga juga diminta kesadarannya agar memeriksakan diri ke Puskesmas.

 

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR