Sanksi Pidana Menanti ODP yang "Membangkang"

Daerah

Senin, 30 Maret 2020 | 18:43 WIB

200330184437-sanks.jpg

SANKSI pidana tengah menanti orang dalam pemantauan (ODP) atau warga Sumedang yang baru mudik dari sejumlah wilayah terkonfirmasi Covid-19), yang nekat “membangkang” atau tidak mengindahkan anjuran dari pemerintah untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

“Dalam hal ini, aparat kepolisian dapat mengambil tindakan dengan sanksi pidana, bagi mereka yang tidak patuh pada anjuran pemerintah,” kata Bupati Sumedang Dr.H.Dony Ahmad Munir dalam pers release yang diterima galamedianews.com, Senin (30/3/2020).

Menurut Bupati, saat ini terdapat ODP  berisiko sebanyak 1.935 orang. Mereka merupakan warga yang baru mudik dari sejumlah wilayah yang terkonfirmasi Covid-19.

Dari ODP  berisiko sebanyak itu, 1.702 orang di antaranya tidak bergejala dan 233 orang lainnya bergejala.

Kepada mereka dianjurkan untuk melakukan karantina mandiri serta menjaga jarak dengan anggota keluarga, selama berdiam di rumah.

Selain itu, keberadaan mereka terus dilakukan pemantauan, termasuk yang dilakukan oleh perangkat desa setempat. “Bila  mana, menunjukkan gejala kesehatan yang kurang baik, mereka dianjurkan untuk segera memeriksakan kesehatan ke puskesmas terdekat. Kuncinya, mereka harus disiplin selama menjalani karantina 14 hari lamanya. Dan apabila “membangkang”, mereka harus siap mendapat tindakan sanksi pidana, yang sewaktu-waktu bisa dilakukan oleh aparat kepolisian,” tandasnya.

Disamping itu, Dony menyebutkan, perkembangan terakhir kasus positif Covid-19 di Sumedang ada 1 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 5 orang.  Dengan sebaran wilayah, meliputi Kecamatan Sumedang Selatan, Cimalaka, Sukasari, Wado dan Paseh.

“Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Sumedang, bersama unsur TNI/Polri, terus berkomitmen dan berjuang bersama, untuk mencegah dan menangani Covid-19, dengan segala daya serta upaya yang ada. Namun tetunya, langkah yang dilakukan pemerintah itu, tidak akan menunjukkan hasilnya, jika tidak didukung oleh segenap masyarakat. Oleh sebab itu, kami mohon kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah, seperti dengan melakukan social distancing, serta melakukan karantina mandiri bagi mereka yang berstatus ODP,” ujar Dony.

 

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR