Aparat Kewilayahan dan Tenaga Puskesmas Harus Jalani Rapid Test

Bandung Raya

Senin, 30 Maret 2020 | 17:25 WIB

200330171947-apara.jpg

DPRD Kota Bandung meminta Pemkot Bandung untuk melalukan rapid test kepada lurah, camat dan tenaga medis puskesmas di kewilayahan, sebagai antisipasi virus COVID-19.

"Selain kepada ODP (Orang Dalam Pemantauan), juga mendorong agar lurah dan camat dilakukan rapid test, termasuk tenaga medis puskesmas. Karena mereka yang berkeliling setiap hari di masyarakat," ungkap Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Senin (30/3/2020).

Menurutnya, aparat kewilayahan dan tenaga medis yang kerap berhubungan dengan ODP dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan), perlu diberikan keamanan melalui rapid test tersebut. Sehingga dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya di tengah masyarakat.

"Karena mereka termasuk kelompok yang rawan, juga tenaga medis di puskesmas. Walau dibatasi jumlah pengunjungnya, tetapi kondisi masyarakat saat ini, sedikit-sedikit langsung ke puskesmas. Ini yang harus diantisipasi," tuturnya.

Politis PKS tersebut, menilai antisipasi ini perlu dilakukan, dengan melihat kondisi Ibukota Jakarta. Dimana sekitar 60 tenaga medis terpapar virus COVID-19. Diakuinya bahwa Kota Bandung terkait virus corona ini, relatif lebih rendah dibanding kotal lainnya. Akan tetapi, antisipasi harus tetap diupayakan dalam mencegah penyebaran virus tersebut.

"Kota bandung relatif lebih rendah, tapi semangat antisipasinya harus benar-benar. Juga himbauan untuk masyarakat yang ada diluar, karena sedang menunggu payung hukum terkait karantina wilayah," ujarnya.

Tedy juga berharap Pemkot Bandung dapat memberikan perhatian kepada aparat kewilayahan, termasuk soal penganggaran. Selain bantuan medis, APD (Alat Pelindung Diri) dan bantuan sosial, juga untuk operasional, sehingga lebih membantu dalam melaksanakan tugasnya memantau masyarakat.

"Misalnya jika bantuannya berupa vitamin atau suplemen, apalagi situasi ini diperpanjang. Sementara mereka kondisinya perlu dijaga agar tetap fit dalam melaksanakan tugasnya," tambahnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR