Pemkab Subang Siapkan Dana Rp 100 Miliar Tangani Covid-19

Daerah

Senin, 30 Maret 2020 | 16:52 WIB

200330165552-pemka.png

Dally Kardilan

Bupati Subang, H.Ruhimat menerima bantuan secara simbolis dari pengusaha unggas yang diserahkan oleh Kadis Peternakan Kabupaten Subang.

PEMERINTAH Kabupaten Subang dan DPRD Subang melakukan pertemuan terbatas membahas mengenai perubahan anggaran untuk mengatasi bencana Virus Corona atau Covid 19. Sebelumnya anggaran hanya dipersiapkan sebesar Rp 12,5 milIar dan baru terpakai Rp 2,5 milIar.

Hal tersebut terungkap pada Rapat Terbatas yang dipimpin Bupati Subang, H.Ruhimat didampingi Wakilnya, Agus Masykur dan Ketua DPRD Subang, Narca Sukanda serta Sekda Subang, H. Aminudin selaku Ketua Tim Gugus Penanganan Covid -19 Kabupaten Subang beserta Kepala Dinas dan Forpimda di belakang Rumdin Bupati Subang, Senin (30/3/2020).

Menurut bupati, setelah menerima masukan dan perkembangan persoalan Covid-19 di wilayah kerjanya, walaupun masih berstatus hijau. Namun dirinya tidak mau kecolongan dan harus segera melakukan berbagai upaya, apalagi daftar orang dalam pemantauan (ODP) terus meningkat.

“Jumlahnya terus meningkat yang berstatus ODP sehingga diperlukan langkah nyata dan pemenuhan sarana prasarana penanganan terutama di RSUD. Semunya tentu membutuhkan anggaran tidak kecil,“ ujarnya.

Ketua DPRD Subang mengatakan bahwa DPRD Subang sangat setujui dan merestui respon Pemkab Subang untuk melakukan perubahan anggaran.

“Dalam penangganan dampak virus corona di lapangan masih banyak kendala, masih ada daerah di desa dan kecamatan masih belum terakomodir,” ujar Naca.

Hal senada diungkapkan Ketua Tim Gugus Penanganan Covid -19 Kabupaten Subang, H.Aminudin, kalau anggaran perubahan itu yang usulkan mencapai Rp.12,5 Milliar. Namun sepenuhnya belum digunakan untuk pencegahan Virus Corona.

“Baru Rp 2, 5 Milliar yang kita gunakan untuk pencegahan Virus Corona,” jelasnya.

“Untuk Rp 2, 5 Milliar yang sudah digunakan antara lain untuk pembelian peralataan kesehatan dan alat deteksi tubuh untuk virus corona. Sisanya yang 10 milyar  akan kita gunakan lagi melihat perkembangan. Bahkan setelah ada pembahasan maka jumlahnya ditingkatkan menjadi 100 miliar rupiah,” pungkas Aminudin.

Ketua DPD Golkar Subang yang juga Wakil Ketua DPRD, Hj.Elita Budiarty menyatakan kalau fraksinya menyetujui adanya pergeseran anggaran tersebut. Hanya saja dirinya mengingatkan untuk lebih hati-hati dalam penggunaannya jangan sampai ada dana yang diselewengkan hingga tidak tepat sasaran.

“Kita minta jangan terlalu over dalam penangganannya karena akan berdampak kepada kepanikan di masyarakat. Demikian pula jangan terfokus kepada peralatan tetapi juga perhatikan masalah sembako bagi yang terdampak,“ ungkapnya karena bila mayarakat kecil tidak mencari nafkah jelas harus diperhatikan.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR