Beredar Pesan Berantai Soal Lockdown di Kota Cimahi, Benarkah?

Bandung Raya

Senin, 30 Maret 2020 | 12:31 WIB

200330123108-bered.jpg

net

ilustrasi

BERITA bohong atau hoax kian marak di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19). Seperti beredarnya pesan berantai di WhatsApp group (WAG) tentang akan diadakannya lockdown di beberapa titik di wilayah Bandung dan sekitarnya, untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19.

Dalam isi pesan yang mengaku mengatasnamakan utusan Gubernur Jawa Barat, dijelaskan lockdown akan dilaksanakan di area Bandung, Cimahi, Cibiru, Cileunyi dan sekitarnya serta Lembang yang dimulai sejak tanggal 30 Maret sampai dengan 20 April 2020.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Cimahi AKBP M. Yoris Maulana Yusuf Marzuki menyatakan jika informasi tersebut tidak benar alias hoax. "Hoax," jelas Yoris dalam pesan singkat, Senin (30/3/2020).

Pihaknya pun mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi hoax terkait Covid-19 di media sosial, sebab bisa dijerat pidana. "Ada pidananya kalau menyebar berita bohong atau hoac. Untuk itu hentikan penyebarannya di anda, jangan disebarkan lagi," tegas Yoris.


Berikut pesan lengkap yang beredar di WAG :

Selamat malam kepada warga kota *Bandung*.

Ini adalah pesan *Urgent* perihal antisipasi wabah *Corona atau COVID-19*

Kepada Bapak / Ibu yang kami hormati, kami mendapatkan utusan dari bapak *Ridwan Kamil* bahwa kami akan melakukan *LockDown* di titik kota *Bandung* yakni :

1. *Area Bandung*
2. *Area Cimahi*
3. *Area Cibiru,Cileunyi dan sekitarnya*
4. *Area Lembang*

Di mulai dari tanggal *30 Maret 2020 sampai dengan 20 April 2020*

Untuk akses jalan *TOL* kita akan *TUTUP dan BATASI*

*Mohon maaf bagi yang masih beraktifitas ( Bekerja baik karyawan swasta , Gojek, Grab, Penjual, Alfamart, Indomaret, Jasa Expedisi, Kurir,Spg, Spb, Restoran, Warteg dan yang lainnya ), untuk sementara *OFF*

Wabah *Corona* di kota *Bandung* yang kita cintai ini sudah hampir 60%, mohon kita memutus *RANTAI PENYAKIT* ini dan selalu berdoa kepada *Tuhan yang maha Esa*

Selama *LOCKDOWN* apabila ada warga yang masih berkeliaran atau bekerja,mohon maaf yang sebesar besarnya, kami akan melakukan *TINDAK PIDANA*

Mohon sebarkan luaskan pesan ini karena kami mengirim secara *ACAK*.

Kami himbau dan kami memohon kepada bapak / ibu, untuk tidak melakukan aktifitas apapun itu! Terkecuali *Urgent* ( Sakit atau apapun ).

Untuk yang membutuhkan *PERAWATAN atau ada gejala COVID-19* harap hubungi *119*.

Ayo segera kita *AKHIRI WABAH COVID-19* agar kita bisa memasuki bulan *RAMADHAN dengan SEHAT seperti sedia kala serta bisa berkumpul dengan keluarga yang kita cintai*

*Terima kasih atas perhatiannya*
*Selamat malam*

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR