Masa Belajar di Rumah Diperpanjang, Angkot di Cimahi Pilih Masuk Garasi

Bandung Raya

Senin, 30 Maret 2020 | 10:52 WIB

200330105328-masa-.jpg

dok

ilustrasi

ANGKUTA Kota (Angkot) di Kota Cimahi nyaris menghilang. Hal ini merupakan buntut dari perpanjangan masa belajar di rumah ditengah pandemi virus corona (Covid-19) yang berdampak makin sepinya penumpang angkutan umum/angkutan kota (angkot) di Kota Cimahi.

Akibatnya, armada angkot yang beroperasi kurang dari setengahnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi Ranto Sitanggang, Senin (30/3/2020).

"Penurunan penumpang angkot sangat signifikan, hampir mencapai 60 persen. Selama ini penumpang angkutan umum didominasi oleh pelajar ya, jadi ketika masa libur diperpanjang para sopir angkot makin menjerit," ujarnya seperti dikutip wartawan PR, Ririn NF.

Seperti diketahui, Dinas Pendidikan Kota Cimahi memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa PAUD, TK, SD dan SMP hingga 14 April 2020.

Menurut Ranto, total 403 unit angkot dari seluruh trayek lokal di Cimahi. Dari jumlah tersebut, kendaraan yang aktif di 4 trayek lokal sebanyak 303 unit.

"Dengan kondisi saat ini, yang beroperasi masih ada tapi hanya sekitar 150-an unit," katanya.

Selain faktor pelajar belajar di rumah, lanjut Ranto, sepinya angkot juga terkena imbas perkantoran juga ada yang menerapkan sistem Work From Home (WFH) sebagian, jam operasional pasar dibatasi, serta adanya himbauan dari pemerintah pusat untuk tinggal di rumah saja.

Ranto mengungkapkan, kini para sopir memang belum mengajukan permintaan kompensasi meski telah banyak keluhan.

"Sampai saat ini belum ada tuntutan minta kompensasi. Dishub Kota Cimahi masih menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait hal itu. Kalaupun ada semacam kompensasi, bentuknya seperti apa dan mekanismenyaa. Apakah diberikan keringanan dalam bentuk tidak diwajibkan terlebih dahulu untuk pengurusan izin trayek, atau bentuk seperti apa. Ini juga menjadi perhatian," jelasnya.
covid-19," tuturnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR