Fraksi PSI-PKB Minta Pemkot Bandung Segera Siapkan Jaring Pengaman Sosial

Bandung Raya

Senin, 30 Maret 2020 | 10:31 WIB

200330103300-fraks.jpg

ist

MENANGGAPI  pandemi Corona di Kota Bandung, Fraksi PSI-PKB DPRD Kota Bandung, meminta Pemerintah Kota Bandung dalam menanggulangi Pandemi Corona. Terutama untuk pendanaan bantuan bencana.

“Kebijakan staying at home dan penutupan tempat usaha tentu membawa dampak ekonomi, terutama bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke rendah. Oleh karena itu, Pemkot Bandung harus memberikan jaring pengaman sosial kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Sekretaris Fraksi PSI-PKB, H. Erwin dalam rilis yang diterima galamedianews, Senin (30/3/2020).

Erwin berharap, bantuan tersebut jangan sampai tersalurkan namun tidak tepat sasaran. Sistem pendistribusian bantuan harus dikoordinasikan dengan rt/rw agar dapat menyentuh yang benar-benar membutuhkan. Baik berupa bantuan bansos dan Bapok per KK melalui dinas terkait.

Dalam hal ini, Erwin mengingatkan pemerintah agar tetap memakai prinsip transparansi dan terbuka mengenai alokasi bantuan tersebut. Baik apa yang sudah dan belum dilakukan, apa ang perlu dibantu dan sudah selesai ditangani.

"Sesuai arahan pemerintah pusat, realokasi sepatutnya mengalihkan anggaran yang bersifat tidak mendesak pada kondisi sekarang untuk difokuskan pada kegiatan penanggulangan virus Covid-19. Dalam kaidah ushul fiqh dikatakan, 'dar'ul mafasid muqoddamun'ala jalbil masholih,' artinya menghindari kemudharatan harus diprioritaskan sebelum  mendatangkan kemudhratan."  jelas Erwin.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR