Satu-satunya Tempat di Dunia yang Tak Tersentuh Covid-19, Seratus Ilmuwan Kini Terjebak di Antartika

Dunia

Senin, 30 Maret 2020 | 03:33 WIB

200329215948-satu-.jpg

dailymail

Antartika saat ini menjadi satu-satunya tempat di dunia yang tak tersentuh pandemi Covid-19. Meski demikian tak berarti para ilmuwan yang berada di titik beku Bumi tersebut bisa bernapas lega. Setidaknya kini mereka tak bisa kemana-mana karena ditutupnya berbagai perbatasan negara yang mengelilinginya.

Dikutip dari DailyMail kemarin, setidaknya 100 ilmuwan yang melakukan misi penelitian lintas bidang Multidisiplinary Drifting Observatory for the Study of Arctic Climate (Mosaic) saat ini kesulitan kembali ke negara masing-masing. Mereka hanya bisa menunggu di atas kapal hingga perbatasan kembali dibuka.

Mempelajari efek perubahan cuaca sejumlah peneliti dari berbagai bidang bergantian melakukan observasi setiap enam minggu. Laporan Vice, menggunakan kapal Polarstern logistic didatangkan bersamaan dengan "pergantian sif".

Kelompok yang saat ini berada di Polarstern memulai misi sejak pertengan Februari dan sedianya melakukan pergantian peneliti per April mendatang. Sesuai jadwal tim pengganti berasal dari Svalbard Norwegia.

Namun sejak akhir bulan ini Norwegia resmi memutus lalu lintas perbatasan terkait upaya menghentikan sebaran virus corona. Dengan kata lain pergantian tim tak bisa dilakukan. Lebih jauh tim Svalvard kini menjalani karantina 14 hari.

Jika lolos karantina pihak Mosaic dihadapkan pada kendala lain. Tak memungkinkan melakukan dropping via pesawat, tim harus mencari kapal khusus untuk mencapai Polarstern. 

Meski demikian kepala ekspedisi Markus Rex kepada Vice menyebut sejauh ini para ilmuwan yang berada di Polarstern dalam kondisi baik. "Mereka fokus pada pengetahuan dan misi di kawasan bebas Covid-19," ujarnya.

Mengaku tak tahu pasti kapan pergantian bisa dilakukan, Rex memastikan persediaan logistik cukup memenuhi kebutuhan hingga pertengahan April.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR