Disdik Kita Cimahi Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 14 April

Bandung Raya

Minggu, 29 Maret 2020 | 12:09 WIB

200329121452-disdi.jpg

DINAS Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi resmi memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA hingga tanggal 14 April mendatang.

Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Keputusan memperpanjang masa belajar di rumah tersebut mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 4 tahun 2020, tanggal 24 Maret 2020, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

"Masa belajar di rumah anak sekolah resmi diperpanjang sampai 14 April. Sesuai arahan Wali Kota Cimahi juga," ujar Kepala Disdik Kota Cimahi, Hendra Gunawan, Ahad (29/3/2020).

Masa belajar di rumah bagi siswa SD sampai SMA di Kota Cimahi berlangsung sejak 17 hingga 28 Maret, kemudian diperpanjang sampai 14 April. Namun, masa belajar di rumah bisa kembali diperpanjang jika kondisi masih tidak kondusif, untuk siswa melaksanakan pembelajaran di sekolah.

"Kalau arahan dari Pak Wali Kota, sampai 14 April dulu. Tapi jika sampai tanggal itu berdasarkan perkembangan masih tidak aman, bisa diperpanjang lagi," bebernya.

Di masa libur sekolah tersebut, pihak Disdik dan pihak sekolah melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan.

"Kita perlu antisipasi di sekolah mumpung siswa libur. Kami sudah lakukan penyemprotan ke sekolah-sekolah, dan akan dilakukan berkala. Termasuk nanti untuk SMA dan SMK," katanya.

Diakui Hendra, selama siswa menjalani pembelajaran di rumah, sejumlah orangtua siswa komplain karena ikut disibukkan dengan mengajar anak di rumah.

"Karena terbiasa diajari guru dan sekarang harus terjun langsung mendidik anak. Ini jadi pembelajaran juga bahwa komitmen orangtua atas perkembangan siswa jangan menyerahkan ke sekolah tapi harus ikut terlibat. Ini menjadi hal yang positif," ungkapnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR