Menparekraf Persilahkan Pemanfaatan Hotel dan Transportasi pada Gugus Tugas Penanganan Covid-19

Nasional

Minggu, 29 Maret 2020 | 06:22 WIB

200329062655-menpa.jpeg

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengumumkan secara resmi pemanfaatan sarana akomodasi hotel dan transportasi kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus corona COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Akomodasi hotel dan transportasi ini disediakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), khusus bagi tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19. 

“Kemenparekraf sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Accor Group untuk menyediakan tempat istirahat para tenaga medis dan Gugus Tugas, serta dengan Bluebird, Panorama, Antavaya dan Whitehorse untuk menyediakan sarana transportasi bagi tenaga medis dan Gugus Tugas,” kata Wishnutama dalam keterangan resmi Kemenparekraf, Sabtu (28/3/2020) kemarin.

Wishnutama menjelaskan, jaringan hotel yang digunakan untuk menginap tenaga medis dan gugus tugas, dimaksudkan agar mereka lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani COVID-19. 

Di tahap awal, Kemenparekraf/Baparekraf bersama dengan Accor Group menyediakan 615 kamar yang disesuaikan dengan kebutuhan 4 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta, yaitu RSCM, RSPAD, RS Sulianti Saroso dan RS Persahabatan.

Teknis pemanfaatan akomodasi dan transportasi bagi tenaga medis ini nantinya akan berada di bawah koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 BNPB.

“Kerja sama dengan jaringan hotel ini untuk menjadi sarana tempat tinggal sementara para tenaga medis dan gugus tugas di berbagai daerah. Dengan jumlah kamar itu bisa menanggung akomodasi 1.100 tenaga medis dengan skema mix twin dan single room,” ucap Wishnutama.

Dalam kerja sama ini pihak hotel akan mengikuti Standard Operational Procedure (SOP) yang berkaitan dengan pelayanan tamu sebagaimana yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan terkait penanganan COVID-19.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR