PMI Kota Solo Serius Dukung Total Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19

Nasional

Sabtu, 28 Maret 2020 | 19:57 WIB

200328195046-pmi-k.jpg

Tok Suwarto

PENGURUS Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solo, dalam menyikapi perkembangan wabah virus Corona (Covid 19), khususnya di wilayah Surakarta dan wilayah Indonesia pada umumnya, Sabtu (28/3/2020) siang, menggelar rapat di Markas PMI kawasan Jebres. Rapat yang dipimpin Sumartono Hadinoto tersebut, menyepakati PMI Kota Solo serius menanggapi dan mendukung secara total upaya pemerintah menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Solo.

Menurut Sumartono kepada wartawan, berbagai upaya dilakukan PMI Kota Solo, di antaranya mengerahkan relawan untuk mendukung penyemprotan disinfektan yang sudah berjalan hampir dua minggu. Selain itu, PMI Kota Solo juga terus berupaya mengamankan stok darah di tengah pemberlakuan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19 yang berdampak ditiadakannya pengambilan darah komunitas.

"Dalam rapat juga disepakati, pengurus PMI Kota Solo akan berupaya menyiapkan dana sesuai kebutuhan dan kemampuan PMI. Dana tersebut khususnya untuk membiayai penanganan Covid-19 yang mewabah di Kota Solo," kata Sumartono.

Di antara keputusan rapat pengurus tersebut, sambung CEO PMI Kota Solo itu, mulai Senin 30 Maret 2020 PMI Kota Solo akan mendistribusikan alat pelindung diri (APD) untuk membantu 15 rumah sakit yang bekerjasama dengan PMI dalam Bank Darah Rumah Sakit. Bantuan gratis tersebut agar tenaga medis bisa bekerja lebih baik dan aman dari penularan virus Covid 19.

Di samping bantuan gratis APD untuk rumah sakit, PMI Kota Solo juga memberikan bantuan 10 APD untuk petugas penyemprotan disinfektan di setiap kelurahan di Kota Solo. Sumartono berharap, APD tersebut agar dapat dikenakan para petugas sehingga lebih aman dalam melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan setiap kelurahan.

"Kita berharap masyarakat luas juga ikut berpartisipasi. Bagi masyarakat yang ingin membantu dana untuk penanganan wabah Covid-19, PMI membuka Dompet Peduli Wabah Covid-19 melalui rekening Bank Mandiri, atas nama Palang Merah Indonesia Kota Surakarta Peduli Bencana, Nomor Rek 138-00-1586330-6," sambungnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR