DPC PDIP Garut Pasang Wastafel Portable di Pasar Guntur Ciawitali

Daerah

Jumat, 27 Maret 2020 | 21:26 WIB

200327213138-dpc-p.jpg

JAJARAN DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Garut berkomitmen untuk terus membantu memerangi Covid-19.

Kali ini, DPC PDIP Kabupaten Garut melakukan penyemprotan disinfektan dan memasang wastafel postabel di sekitar Pasar Guntur Ciawitali untuk memudahkan pedagang maupun pengunjung yang berbelanja mencuci tangannya saat beraktivitas di pasar.    

Ketua DPC PDIP Garut, Yudha Pudja Turnawan mengatakan, wastafel portabel itu sengaja dibuat sendiri dengan kapasitas 250 liter air, tersedia sabun, tisu dan hand sanitizer yang praktis digunakan masyarakat.

Menurutnya, alat cuci tangan itu dibuat menghabiskan dana sebesar Rp1,7 juta yang diberikan secara gratis untuk menjaga kesehatan pedagang dan pengunjung sehingga terhindar dari wabah corona.

"Untuk sementara kita buatkan dulu di pasar yang dianggap banyak aktivitas warga. Mudah-mudahan ini memberikan manfaat buat masyarakat," ujarnya, Jumat (27/3/2020).

Yudha berharap, alat yang dibuat dengan harga cukup terjangkau itu bisa dilakukan oleh lembaga lain, khususnya pemerintah daerah untuk menyiapkan wastafel portabel di ruang publik seperti yang sudah dilakukan di daerah lain.

"Seperti di Surabaya, itu sudah dipasang dan kami mendorong pemerintah daerah juga bisa membuat itu," ucap Yudha yang juga Ketua Fraksi PDIP di DPRD Garut.

Selain pemasangan wastafel portabel, terang Yudha, pihaknya juga bersama-sama dengan Satpol PP, petugas pemadam kebakaran, dan jajaran TNI/Polri melakukan sterilisasi pasar dengan menyemprotkan disinfektan untuk membasmi virus corona.

Yudha menyebutkan, kegiatan ini sesuai dengan intruksi Ketua Umum DPP DPI Perjuangan, Megawati Sukarnoputri, bahwa Kader PDI perjuangan harus pro aktif membantu pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi penyebaran virus corona.

Ketua Ikatan Warga Pasar (IWAPA) Guntur Ciawitali Garut, Iyen Abdul Malik, mengapresiasi apa yang telah dilakukan DPC PDIP Kabupaten Garut yang telah memberikan suatu sumbangsih buat warga Pasar Ciawtali dengan memberikan wastapel portabel dalam antisipasi Covid-19.

Menurut Iyen, keberadaan wastapel portabel itu akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya pedagang dan pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan tangannya.

"Kami harap dengan adanya 'wastapel portabel' ini menjadikan pedagang dan pengunjung rajin cuci tangan sehingga terhindar dari corona," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR