Balai Kota Solo Dilengkapi Portal dan Ruang Disinfektan untuk Cegah Covid-19

Nasional

Jumat, 27 Maret 2020 | 20:11 WIB

200327201201-balai.jpg

Tok Suwarto

BALAI KOTA Solo yang sejak diberlakukannya status Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid 19 relatif sepi pengunjung, pada Jumat (27/3/2020) siang suasananya agak berubah. Di beberapa lokasi strategis, yaitu di gerbang-gerbang masuk perkantoran terpasang portal disinfektan otomatis dan ruang disinfektan untuk mencegah penularan Covid-19.

Setelah kompleks Balai Kota Solo dilengkapi portal disinfektan otomatis dan ruang disinfektan, setiap orang yang masuk ke perkantoran wajib melakukan sterilisasi lebih dahulu di dua perlengkapan vital tersebut.

Fungsi portal disinfektan di gerbang masuk kompleks Balai Kota, adalah, saat seseorang masuk melintas portal, baik berkendaraan maupun berjalan kaki, alat penyemprot secara otomatis akan menyemprotkan cairan disinfektan ke mobil, motor atau orang yang melintas.

Selain portal disinfekatan otomatis tersebut, Pemkot Solo memasang ruang disinfektan di pintu masuk ruang perkantoran. Berbeda dengan fungsi portal disinfektan, cara kerja ruang disinfektan yang cukup efektif, adalah, sebelum para pegawai atau pengunjung masuk ruang kantor diwajibkan masuk ruang disinfektan.

Di dalam ruang dengan dinding plastik transparan, terdapat kipas angin yang akan menyemprotkan cairan disinfekatan. "Orang yang berada di dalam ruang tinggal memutar badan supaya penyemprotan merata dan berjalan sempurna," tutur Widarmoko, seorang staf Bagian Humas Pemkot Solo, Jumat (27/3/2020).

Dia menambahkan, sebelum kompleks Balai Kota Solo dilengkapi kedua alat tersebut, Pemkot Solo melakukan pencegahan Covid-19 terhadap para aparatur sipil negara (ASN) maupun pengunjung yang wajib dipantau suhu badannya menggunakan thermal gun, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sinitizer di berbagai tempat.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR