Pasien Positif Covid-19 Punya Peluang Besar untuk Sembuh

Bandung Raya

Jumat, 27 Maret 2020 | 19:07 WIB

200327190751-pasie.jpg

dok

ilustrasi

KEPALA Dinkes Kota Cimahi, Pratiwi menegaskan, pasien yang sudah positif terpapar Covid-19 memiliki peluang besar untuk sembuh. Untuk itu, pasien yang sudah terpapar diharuskan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dan selalu mengikuti anjuran dari tenaga medis.

"Kalau imunnya bagus, daya tahan tubuh bagus pasti 80 persen kemungkinan sembuh. Kecuali kalau ada penyakit penyerta, kaya jantung," terangnya saat dihubungi, Jumat (27/3/2020).

Dikatakan Pratiwi, peluang sembuh bagi pasien positif Covid-19 asal Kota Cimahi sangat besar, apabila tidak memiliki penyakit penyerta. "Positif 5, meninggal 2. Yang 3 mudah-mudahan membaik," ucapnya.

Ia menambahkan, saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Cimahi kembali bertambah menjadi 5 orang, dengan 2 orang di antaranya meninggal dunia. Kasus terakhir diketahui Jumat (27/3/2020) dini hari, yang sebelumnya dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, hingga Jumat (27/3/2020) pukul 08.00 WIB, total PDP di Kota Cimahi ada 9 orang, dengan rincian PDP yang terkonfirmasi positif sebanyak 9 orang, selesai 4 orang, masih penanganan 5 orang.

Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) keseluruhan sebanyak 92 orang dengan rincian, selesai 27 orang, dan masih pemantauan 65 orang

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Cimahi, Zakaria Anshori menambahkan, pasien yang terpapar positif Covid-19 memang peluang sembuhnya cukup besar, asalkan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak memiliki penyakit penyerta.

"Itu yang harus kita jaga (daya tahan tubuh). Kalau sudah dirawat pasti ada penanganan dari medis yang dilakukan sesuai SOP, sesuai keadaan pasien," jelasnya.

Bagi masyarakat yang masuk ODP maupun PDP, ia meminta untuk terus mematuhi anjuran tenaga medis maupun pemerintah. Seperti mengkarantina diri di rumah dan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna serta mengkonsumsi vitamin.

"Kemudian berjemur. Semua (anjuran) bagus," ucapnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR