Penanganan Covid-19, Kodim Tasikmalaya Terapkan Teknik dalam Perang "Nubika"

Daerah

Jumat, 27 Maret 2020 | 18:06 WIB

200327180643-penan.jpg

Septian Danardi

DANDIM 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf. Imam Wicaksana melakukan pengecekan kesiapsiagaan pasukan dilapangan dalam penanganan dan mencegah penyebaran virus corona di wilayah Bantar Kalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (27/3/2020).

Selain itu, pengecekan penyemprotan di wilayah Tasikmalaya Selatan serentak serta memberikan komando langsung terhadap anggota.

"Memberi arahan sistem penanganan sesuai SOP saja terhadap anggota di setiap Koramil. Sehingga mereka dilapangan tidak salah dalam teknis penanganan. Sebab TNI mempunyai teknis khusus dalam perang "Nubika", perang senjata nuklir, biologi dan kimia yang sudah dilatih. Dimana yang salah satunya sebagian teknis diterapkan pada kegiatan penyemprotan ODP/PDP beserta sterilisasi tempat," kata Imam, usai pelaksanaan.

Dikatakannya, pengecekan kesiapan adalah salah satu upaya membantu kegiatan gugus tugas bersama BPBD Kabupaten Tasikmalaya. Intinya untuk melihat perkembangan situasi dan kondisi yang berkembang saat ini.

"Bantar Kalong merupakan titik sentral untuk penyemprotan serentak di wilayah Tasikmalaya Selatan. Selanjutnya penyemprotan diusahakan akan terus dilakukan secara berkala," katanya.

Kerjasama antara birokrasi pemerintah, Dinas Kesehatan (Puskesmas), BPBD, dan stakeholder lain diakui Dandim telah berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah koordinasi dengan semua lembaga dan elemen baik. Maka apapun informasi tentang situasi yang terjadi di lapangan terakses dengan cepat, dan dapat ditangani dengan cepat pula, dan paling tidak akan memberikan kepastian dan ketenangan pada masyarakat," katanya.

Di wilayah Pemerintahan Kota Tasikmalaya, tambah Imam, pihaknya bersama Tim Gugus Tugas BPBD Kota Tasikmalaya menggelar penyemprotan dengan sasaran sarana peribadahan masjid-masjid besar yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR