#ClapForOurCarers Inggris Mengharubiru, Seantero Negeri Bertepuk Tangan untuk Pejuang Covid-19

Dunia

Jumat, 27 Maret 2020 | 13:00 WIB

200327130009-inggr.jpg

dailymail

Tepat pukul delapan malam kemarin Inggris mengharubiru. Jutaan warga termasuk mereka di seantero ibu kota London ramai-ramai keluar rumah. Bukan untuk memprotes social distancing tapi memberikan apresiasi bagi staf kesehatan dan medis yang saat ini berada di garda terdepan perang melawan Covid-19 atau virus corona.

Dikutip dari DailyMail, Jumat (27/3/2020)  di tengah angka sebaran Covid-19 yang masih meningkat, ketegangan terkait kebijakan terbaik yang harus diambil serta berita emosional mengenai jam-jam sulit yang harus dilalui staf medis, aksi kemanusiaan berupa ungkapan terima kasih pada mereka dilakukan serentak.

Gratitute from Her Majesty.

Thanks a lot lads!

From The Cambridges.

Meski sederhana namun apa yang dilakukan warga Inggris dengan tagar #ClapForOurCarer dan #ClapNHS itu membawa atmosfer yang mempersatukan sekaligus membuat tak sedikit warga tak kuasa menahan tangis. Diinisiasi secara online, aksi tak hanya dilakukan di dunia maya tapi juga di dunia nyata. Semua anggota kerajaan termasuk Ratu Elizabeth, Pangeran Charles dan The Cambridges yang memosting klip Putri Charlotte, Pangeran George danPangeran Louis bertepuk tangan, ikut memberikan dukungan dan tribute. 

NHS atau National Health Service sendiri  merupakan program layanan kesehatan masyarakat Britania Raya yang terbagi menjadi NHS England, NHS Scotland, NHS Wales, dan Health and Social Care di Irlandia  Utara. Didirikan tahun 1948 sebagai salah satu program reformasi sosial pasca-Perang Dunia II, NHS mewarnai berita sejak Covid-19 pecah. Utamanya kendala yang mereka hadapi.

Wembley membiru.

From Britain with appreciation.

Dan hari ini melalui akun Twitter resmi NHS berterima kasih atas apresiasi yang diberikan dengan caption pendek: That was emotional. Diawali postingan Pangeran  William dan Kate Middleton yang memperlihatkan dukungan melalui  klip tepuk tangan ketiga anaknya, berturut-turut akun Istana memosting pesan dan gestur serupa, bahkan akun resmi Ratu Elizabeth.

Ratu yang saat ini berada di Kastil Windsor berterima kasih atas komitmen semua yang bekerja di bidang sains, kesehatan, dan layanan darurat serta layanan publik. Sementara Pangeran Charles bertepuk tangan dari Skotlandia di mana ia mengisolasi diri setelah dites positif terkena virus.

View this post on Instagram

TEPAT pukul 20.00 Kamis (26/3/2020) kemarin Inggris mengharubiru. Jutaan warga termasuk mereka di seantero ibu kota London ramai-ramai keluar rumah. Bukan untuk memprotes social distancing tapi memberikan apresiasi bagi staf kesehatan dan medis yang saat ini berada di garda terdepan perang melawan Covid-19 atau virus corona. Meski sederhana namun apa yang dilakukan warga Inggris dengan tagar #ClapForOurCarer dan #ClapNHS itu membawa atmosfer yang mempersatukan sekaligus membuat tak sedikit warga tak kuasa menahan tangis. Diinisiasi secara online, aksi tak hanya dilakukan di dunia maya tapi juga di dunia nyata. Semua anggota kerajaan termasuk Ratu Elizabeth, Pangeran Charles dan The Cambridges yang memosting klip Putri Charlotte, Pangeran George dan Pangeran Louis bertepuk tangan, ikut memberikan dukungan dan tribute. NHS atau National Health Service merupakan program layanan kesehatan masyarakat Britania Raya yang terbagi menjadi NHS England, NHS Scotland, NHS Wales, dan Health and Social Care di Irlandia Utara. Didirikan tahun 1948 sebagai salah satu program reformasi sosial pasca-Perang Dunia II, NHS mewarnai berita sejak Covid-19 pecah. Video: Dr C Abbott

A post shared by Galamedianews (@galamedianews) on

Warga Inggris berbondong-bondong membuka pintu dan berdiri di halaman rumah, juga balkon, taman, dan jendela  untuk memberikan tepuk tangan yang mengharukan.  Kembang api juga mewarnai langit Negeri Ratu Elizabeth tepat pukul delapan malam ketika negara memberikan apresiasi  untuk NHS. Landmark utama seperti London Eye, Wembley Arch, Shard, dan Tower Bridge menyala dalam warna biru terang selama penghormatan emosional berlangsung.

Kampanye Clap For Carers yang dimulai secara online diiniasiasi sebagai upaya saling mendukung di masa pandemi yang mengkhawatirkan dan belum pernah terjadi ini. Langkah serupa lebih dulu dilakukan di Italia dan Spanyol  yang memiliki angka kematian tertinggi di dunia. Pemandangan menakjubkan awal bulan ini menghiasi timeline ketika warga bertepuk tangan dari mana pun mereka berada.

Dimulai secara online berubah menjadi aksi nasional.

London Bridge ikut menandai tribute.

Kepala petugas keperawatan NHS Ruth May mengatakan pihaknya  menghargai penghormatan nasional tersebut. “Perawat dan bidan di staf perawatan  bekerja sepanjang waktu. Mereka bekerja sangat keras. Dan secara pribadi aku sangat berterima kasih pada mereka,” ungkapnya. Aksi nasional ini sangat berarti bagi semua staf NHS dan tim perawatan sosial.

Seorang perawat di London kepada MailOnline menamnahkan, "Ini penghargaan yang luar biasa dan kami benar-benar berterima kasih. Kami semua sangat menghargainya. Perawat tidak ingin menjadi pahlawan, kita tidak ingin menjadi itu, kita hanya ingin orang tidak sakit dan tidak harus ke rumah sakit. Kami tidak melihat diri kami sebagai pahlawan, ini apa yang kami lakukan setiap hari.”

Di teras, di balkon, di mana saja.

London's Eye ikut memberikan tribute.

Clap For Carers sendiri bagian dari kampanye #lightitblue yang dilakukan pelaku industri hiburan. Timeline diramaikan klip mengharukan yang memperlihatkan bagaimana jutaan warga Inggris turun ke jalan dan bergabung dalam spirit yang sama.

Gary White dan Chuck Crampton yang bersama-sama memulai kampanye #lightitblue mengatakan biru menjadi warna yang dipilih karena mewakili warna resmi NHS. Mereka mengatakan, "Hal terbaik yang dapat kita lakukan  selain tinggal di rumah adalah menggunakan keterampilan dan jaringan kami untuk mengucapkan terima kasih kepada semua yang mendukung NHS dan mempertaruhkan kesehatan demi membantu orang lain selama pandemi."

Tua-muda, sipil-profesional.

Seantero Britania Raya.

Seruan apresiasi nasional dilakukan Sekretaris Kesehatan Matt Hancock. “Rekan-rekan saya di NHS melakukan begitu banyak hal untuk menjaga kita di saat yang paling kita butuhkan selama krisis corona, jadi mari kita bergabung pukul delapan malam malam ini untuk mengucapkan terima kasih kepada NHS.”

Wali Kota London Sadiq Khan juga memosting pesan serupa via video. “Kalian yang terbaik. Setiap hari kerja keras, dedikasi, dan keberanian kalian menyelamatkan nyawa. Kami membutuhkan kalian lebih dari sebelumnya.”

Indeed and thank you!

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR