Semua Permukaan Berisiko Terkontaminasi Covid-19, Sayur dan Buah pun Harus(nya) Dicuci dengan Sabun

Ragam

Kamis, 26 Maret 2020 | 09:45 WIB

200326094503-semua.jpg

dailymail

Seorang ahli virologi mengonfirmasi di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona saat ini setiap permukaan menjadi berisiko. Termasuk permukaan buah dan sayuran. Demikian diungkapkan associate professor University of Sydney, Australia, Timothy Newsome, spesialis infeksi, vaksin, dan virologi.

Kepada FEMAIL kemarin ia mengatakan, saat ini virus dapat hidup di sebagian besar permukaan, untuk itu siapa pun yang berbelanja bahan makanan termasuk buah dan sayur harus sangat waspada. Ini karena “lalu lintas persentuhan” calon pembeli dengan dua kebutuhan tadi.

“Kita harus ingat setiap permukaan berpotensi terkontaminasi. Permukaan apa pun saat ini ada risikonya,” ujar Newsome. "Meskipun tingkat risikonya tidak termasuk kategori risiko tinggi tapi tetap penting untuk berhati-hati."

Mesin kasir pun rutin dibersihkan.

Sementara itu akan menjadi 'praktik buruk' untuk menguji 'setiap alpukat untuk virus corona', Mr Newsome memang mengatakan apa pun yang dapat disentuh orang berpotensi menimbulkan masalah. Newsome sejauh ini mengikuti dengan seksama pembatasan aktivitas menyusul sebaran pandemi di Australia.

"Mereka  yang bekerja di supermarket  bertugas  memilih buah serta  sayuran. Sudah sepantasnya mereka memastikan produk yang ditawarkan aman dengan melakukan tugasnya dengan perlindungan," katanya. Diakui Newsome saat ini sebagian besar pekerja supermarket mengenakan sarung tangan dan membersihkan tangan setiap saat.

Tetapi tindakan terbaik bagi konsumen adalah mencuci buah dan sayuran  dengan sabun segera setelah membawanya pulang, tidak hanya mengandalkan panas api saat memasak untuk membunuh virus. "Cuci dengan air sabun hangat, seperti digunakan untuk mencuci tangan," paparnya.

Jaga jarak aman.

Seorang karyawan Woolworths mengatakan aturan  ketat  diberlakukan di tempatnya bekerja terkait keamanan bersama. “Pastinya ada pemberlakuan jarak sosial di setiap titik checkout. Kami dipasok sarung tangan dan hand  sanitiser,” katanya.

Ada juga petugas kebersihan yang rutin membersihkan mesin register, layar, dan peralatan operasional lainnya setiap 20 menit. Meskipun tidak bekerja di area buah dan sayuran, ia menyebut ada baiknya area yang banyak dikunjungi pembeli ini memberlakukan prosedur pembersihan khusus.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR