Pemkot Bekasi Targetkan Rapid Test "Door to Door" Tuntas Tiga hari

Daerah

Kamis, 26 Maret 2020 | 06:15 WIB

200326061658-pemko.jpg

ist

rapid test

PEMERINTAH Kota Bekasi telah memulai 'rapid test' corona sejak Rabu (25/3/2020). Metode yang dipilih Pemkot Bekasi ialah 'door to door' langsung ke rumah warga yang menjadi sasaran tes.

"Dengan cara ini, harapan kami tidak ada kerumunan yang muncul. Petugas akan langsung datang ke alamat yang dituju dan identitas warga yang menjalani tes tentunya dirahasiakan," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi di sela pemantauan simulasi tes di Stadion Patriot Candrabhaga.

Wartawan PR, Riesty Yusnilaningsih melaporkan, simulasi yang digelar itu juga sekaligus merupakan tes kepada 365 petugas gabungan dari tim medis, analis, serta personel Puskesmas di wilayah yang akan disebar melakukan tes 'door to door'.

"Sebelum berhadapan dengan para ODP juga lingkungan interaksi PDP dan pasien positif, tentunya petugas ini juga harus dipastikan kondisinya sehat dan negatif tes corona-nya," ucapnya.

Menurut Rahmat, berdasarkan pendataan awal, ada sekitar 700 orang yang akan dites. Mereka berasal dari kriteria yang telah ditetapkan, yakni lingkungan interaksi pasien positif, pasien dalam pemantauan, orang dalam pengawasan, juga para ODP dan PDP yang domisilinya sudah tersebar di 12 kecamatan.

Jika nantinya menunjukan hasil positif, maka terhadap yang bersangkutan akan menjalani isolasi di rumah sakit rujukan yang telah siap menangani pasien corona.

"Tentunya secara persuasif karena hal ini pasti akan mempengaruhi psikologis yang bersangkutan," katanya.

Rahmat menargetkan, tes yang dilakukan secara 'door to door' ini bisa dirampungkan pada Jumat (27/3/2020) sehingga Sabtu (28/3/2020) hasilnya sudah bisa disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR