Banyak yang Mudik dari Wilayah Endemik, Jumlah ODP Berisiko di Sumedang Terus Meningkat

Daerah

Rabu, 25 Maret 2020 | 19:04 WIB

200325190512-banya.jpg

dok

ilustrasi

ORANG Dalam Pemantauan (ODP) berisiko di Kabupaten Sumedang terus meningkat. Situasi itu dampak dari banyaknya warga yang pulang kampung dari wilayah endemik Covid-19, seperti Bekasi, Bogor, Jakarta dan sekitarnya.

"Berdasarkan data yang ada, jumlah ODP berisiko di Kabupaten Sumedang mencapai 1.834 orang. Dengan rincian sebanyak 1.702 orang tidak bergejala dan 132 orang lainnya bergejala. Mereka kini sudah diperintahkan untuk melakukan pemantauan secara mandiri serta tidak melakukan interaksi sosial selama 14 hari ke depan. Harapannya selama kurun waktu tersebut, mereka diam di rumah saja," kata Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, dalam siaran persnya, Rabu (25/3/2020).

Lonjakan ODP berisiko paling tinggi terjad di wilayah Kec. Cisarua, Kec. Cibugel, Kec. Jatinunggal, Kec. Ujungjaya, Kec. Tomo, dan Kec. Paseh. Dimana warga di sejumlah kecamatan tersebut, bermata pencaharian di Jakarta, Bogor, Bekasi dan sekitarnya.

Seiring dengan penerapan status zona merah di wilayah tersebut, membuat mereka ketakutan, sehingga lebih memilih untuk pulang kampung.

"Terhadap mereka harus diberlakukan penanganan sesuai protokol kesehatan yang berlaku saat ini. Tentunya mereka itu harus mengikuti kebijakan itu, dan patuh terhadap apa yang mesti mereka laksanakan. Mudah-mudahannya saja, sampai 14 hari ke depan, mereka yang masuk dalam ODP berisiko, tidak terjadi apa-apa atau negatif Covid-19," ujarnya.

Selanjutnya, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang, besok pukul 09.00 WIB dengan titik kumpul di sekitar Alun-Alun Sumedang, Pemkab Sumedang akan mengawali melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan. Pelaksanaan dilakukan secara besar-besaran di seluruh wilayah kota, hingga ibu kota kecamatan. Kegiatan itu akan menggunakan kendaraan pemadam kebakaran dan water cannon dari Polres Sumedang.

Berikut jadwal penyemprotan:

Kamis, 26 Maret 2020
Kecamatan Conggeang, Buahdua, Paseh, Ujungjaya, Surian, Tanjungmedar, Tomo dan Jatigede. Petugas pelaksana dari UPTD Damkar Wilayah Conggeang dan Bidang Penanggulangan Kebakaran.

Jumat, 27 Maret 2020
Kecamatan Tanjungkerta, Cisarua dan Ganeas, dengan petugas pelaksana penyemprotan dari UPTD Damkar Wilayah Sumedang Kota dan Bidang Penanggulangan Kebakaran.

Sabtu, 28 Maret 2020
Kecamatan Darmaraja, Cisitu, Situraja, Cibugel, Wado dan Jatinunggal, dengan petugas pelaksana penyemprotan dari UPTD Damkar Wilayah Darmaraja dan Bidang Penanggulangan Kebakaran.

Minggu, 29 Maret 2020
Kecamatan Tanjungsari, Cimanggung, Sukasari, Pamulihan dan Rancakalong, dengan petugas pelaksana penyemprotan dari UPTD Damkar Wilayah Tanjungsari dan Bidang Penanggulangan Kebakaran.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR