Hei Warga Cimahi dan KBB, Layanan Pembuatan dan Perpanjangan SIM untuk Sementara Ditutup Loh

Halo Polisi

Rabu, 25 Maret 2020 | 17:09 WIB

200325165838-hei-w.jpg

Laksmi Sri Sundari

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah

MENGHINDARI penyebaran virus corona (Covid-19), pihak kepolisian melakukan berbagai langkah antisipasi terkait dengan kegiatan berkumpulnya banyak orang. Salah satunya dengan menutup pelayanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Satlantas Poles Cimahi, maupun pelayanan SIM dengan mobil keliling.

Penutupan ini berlaku untuk semua pembuatan SIM baru maupun perpanjangan. Hal itu dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah mengatakan, sejak Selasa (24/3/2020) kemarin, Satlantas Polres Cimahi menutup semua layanan SIM dan STNK.

"Iya sejak kemarin pelayanan SIM sudah ditutup sementara waktu, untuk menghindari kerumunan masa yang bisa berpotensi penyebaran Covid-19," katanya, Rabu (25/3/2020).

Diakui Susanti, sejak merebaknya Covid-19, jumlah pelayanan SIM dan STNK di Satlantas Polres Cimahi terus mengalami penurunan.

"Masyarakat yang masih datang paling mereka hanya mengambil SIM yang telah dibuat sehari sebelumnya, namun belum selesai sehingga diambil kemarin," ujar Susanti.

Menurutnya, masa pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang mungkin menunda untuk pembuatan SIM atau memperpanjang masa berlaku SIM, karena takut terpapar Covid-19.

"Untuk masa perpanjangan STNK, kami memberikan masa tenggang, sampai batas waktu yang ditentukan kemudian, kami memberikan masa toleransi. Demikian juga untuk perpanjangan SIM," jelasnya.

Jadi menurut Susanti, walaupun masa berlaku SIM-nya sudah habis, nanti dapat dilakukan perpanjangan pada saat waktu yang ditentukan, dan tidak akan kena denda.

"Hal itu juga akan diinformasikan kepada masyarakat yang mengurus langsung ke Polres, dan akan diinformasikan secara meluas melalui kontent di media sehingga bisa dibaca masyarakat," imbuhnya.

Sementara untuk SIM keliling, ujar Santi, sudah tidak beroperasi sejak beberapa waktu lalu. Sebab menurutnya, jika SIM keliling akan banyak massa yang berkumpul. Sehingga pelayanan dihentikan. Termasuk Samsat keliling sudah tidak beroperasi sampai batas waktu yang ditentukan kemudian.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR