F-PAN dan F-PKS Tolak Tes Covid-19 Anggota DPR

Nasional

Rabu, 25 Maret 2020 | 10:16 WIB

200325101746-f-pan.jpg

PEMERIKSAAN Covid-19 atau virus Corona bagi seluruh anggota DPR RI dan keluarganya mendapat tanggapan beragam dari publik. Banyak yang beranggapan kalau pemeriksaan ini terkesan ekslusif dan mengabaikan banyak pihak yang lebih membutuhkan.

Wacana yang semula sepi kritik di Senayan pun kini mulai terdengar. Fraksi PAN dan PKS adalah dua yang menolak rencana tes yang dihasilkan dalam rapat penggati Bamus dengan pimpinan fraksi dan AKD DPR RI pekan lalu.

Anggota Fraksi PAN Zainuddin Maliki misalnya menilai kalau keselamatan tenaga medis dan masyarakat yang terpapar virus corona harus diutamakan. Oleh karena itu pihaknya meminta agar pimpinan DPR segera menginsturksikan Kesekjenan agar membatalkan kegiatan pemeriksaan yang dinilai janggal oleh publik itu.

"Anggaran pelaksanaan kegiatan tes tersebut merupakan hasil sumbangan pimpinan dan anggota DPR RI. Tapi kalau pun ada sumbangan, lebih bagus jika uang tersebut diberikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan," ucap Zainuddin seperti dikutip wartawan PR, Muhammad Irfan, Rabu (25/3/2020).

Ia mengaku agak terkejut ketika mengetahui usulan itu. Pasalnya ketimbang anggota DPR, secara kasat mata sudah lebih banyak orang yang membutuhkan tes ini. Dia pun menilai hendaknya kawan-kawan DPR fokus mencari jalan untuk menyelesaikan persoalan kompleks terkait virus Corona ini.

"Kalau mau tes individu saja. Kalau kolektif itu tidak baik. DPR dinilai hanya mau menyelamatkan diri sendiri dan keluarganya," ucapnya.

Sementara itu, Fraksi PKS juga memaparkan pandangan yang sama. Juru Bicara FPKS Pipin Sopian menyebut seharusnya DPR menunjukkan sikap kenegarawanan di saat kritis seperti ini. Para anggota DPR mestinya punya empati kepada rakyat.

"PKS mendesak pemerintah untuk mengecek kesehatan warga sebanyak-banyaknya. Berikan prrioritas bagi yang membutuhkan kecuali jika ada anggota dan keluarganya yang sudah terpapar Covid-19 ya silakan," tutur Pipin.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR