Balon Bupati Bandung Ajak Warga Work From Home dan PHBS

Pemilu

Rabu, 25 Maret 2020 | 10:04 WIB

200325100546-balon.jpg

dok

Pembelajaran Jarak Jauh

AHLI Planologi Tata Kelola Desa dan Tata Kelola Kota, Deny Zaelani mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Deny yang juga bakal calon Bupati Bandung dari Partai Demokrat itu berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan masyarakat turut serta mendukung sejumlah program pemerintah demi menyelamatkan bangsa Indonesia dari virus mematikan itu, seperti Work From Home dan Social Distancing.

"Saya ingin ajak masyarakat bantu pemerintah dengan WFH dan Social Distancing. Bisa juga dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) mulai dari diri sendiri dan di lingkungan sekitar," kata Kang Dezan sapaan akrabnya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (25/3/2020).

Dezan menuturkan, penerapan PHBS dinilai dapat menekan potensi penularan risiko Covid-19. Beberapa hal yang perlu dilakukan, kata dia, membiasakan cuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik, mengonsumsi makanan yang bersih, sehat, dan bergizi, dan inisiatif menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut Dezan, penerapan PHBS tidak memerlukan biaya yang mahal. Hanya membutuhkan niat dan kesadaran. Oleh karena itu, dengan menerapkan PHBS, maka masyarakat sudah berkontribusi dan ikut andil membantu pemerintah memerangi wabah Covid-19.

"Selain PHBS, tetap perhatikan anjuran pemerintah. Seperti social distancing, tidak melakukan aktivitas di kerumunan banyak orang. Kalau pun memang harus keluar rumah karena urusan mendesak, maka tetap waspada dengan menggunakan alat pelindung diri (APD)," paparnya.

Kerelaan masyarakat mengikuti anjuran pemerintah dinilai akan mempercepat memutus mata rantai Covid-19. Sebab, lama atau cepatnya wabah ini berakhir, ditentukan keaktifan masyarakat dalam merealisasikan anjuran dari pemerintah.

"Berkaca dari wabah Covid-19 di Itali. Kenapa Itali lebih banyaj korban dibanding China. Karena pada awalnya, mereka seperti menyepelekan. Masih tetap beraktivitas di kerumunan," ujarnya.

Partai Demokrat, kata dia, juga mendukung program pemerintah. Seluruh kader di pelosok Indonesia ikut serta dalam mensosialisasikan PHBS seperti instruki Ketua Umum Partai Demokrat terpilih, Agus Harimurti Yudhoyono.

"Bukan hanya saya saja. Tapi seluruh kader partai terus mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan ini. Semoga kondisi Indonesia dan bangsanya kembali pulih seperti sedia kala," ungkapnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR