Pilkades Serentak Ciamis Resmi Ditunda Akibat Covid-19

Pemilu

Rabu, 25 Maret 2020 | 07:59 WIB

200325075937-pilka.jpg

Dodo Rihanto/PR

PEMILIHAN kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Ciamis yang dijadwalkan berlangsung 12 April 20020 resmi diundur. Hal ini untuk mengantisipasi paparan serta penyebaran virus corona (Covid-19) di Ciamis.

“Kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan Pilkades serentak. Saat ini semuanya terfokus untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, salah satunya menghindari keramaian massa,” tutur Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Selasa (24/3/2020).

Hal ini diputuskan melalui rapat koordinasi Pilkades serentak bersama Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, Komandan Kodim 0613 Letkol Arm, Tri Arto Subagio serta pejabat lainnya.  

Ia mengatakan Pilkades serentak yang bakal berlangsung di 143 desa (diikuti 509 calon) akan melibatkan banyak massa. Dengan demikian terjadi interaksi langsung antar sesama warga.

Di sisi lain, pemerintah telah menetapkan masa tanggap darurat secara nasional, yang saat ini diperpanjang sampai dengan 29 Mei 2020.

“Setelah diperhitungan serta berdasar situasi dan kondisi, akhirnya kami mengambil sikap, menangguhkan sementara pelaksanaan pilkades serentak, sampai dengan batas waktu yang memungkinkan. Ini merupakan upaya untuk melindungi serta mengantisipasi masyarakat agar terhindar dari paparan virus corona,” jelasnya.

Wartawan PR, Nurhandoko Wiyoso melaporkan, selain Pilkades serentak, Pemkab Ciamis juga menyatakan agar perangkat desa tidak melakukan kegiatan yang mengundang atau mengumpulkan massa. Sebab semakin banyak massa yang berkumpul, kerawanan penularan semakin tinggi.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR