Tak Berlaku bagi Putin (67) Warga Ibu Kota Rusia Berusia 65 Tahun Dilarang Keluar Rumah Hingga April

Dunia

Rabu, 25 Maret 2020 | 02:02 WIB

200324172123-tak-b.jpg

dailymail

Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin memberlakukan peraturan yang mewajibkan warga berusia 65 tahun untuk tidak keluar rumah. Meski demikian dikutip dari DailyMail, Selasa (24/3/2020) aturan tak berlaku bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam pengumuman yang dirilis via situs resmi miliknya, demi alasan keamanan di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona warga berisiko tinggi yaitu mereka yang berusia 65 wajib menjalani isolasi mandiri mulai 26 Maret - 14 April mendatang.

Aturan tak berlaku bagi Putin yang kini berusia 67 tahun karena presiden tetap bekerja. Saat ini angka infeksi corona di Moskow sudah mencapai 438. "Anda mungkin tidak akan nyaman tapi percayalah ini dilakukan atas pertimbangan kepedulian," ujarnya.

Selain menutup perbatasan, Rusia juga membatasi aktivitas yang melibatkan massa seperti even olahraga, perkualiahan, sekolah-sekolah dan klub fitnes. Tapi berbeda dengan negara Eropa yang memilih kebijakan ketat lockdown, Rusia masih memberi kelonggaran.

Warga tetap diperbolehkan keluar rumah saat ada kebutuhan mendesak seperti membeli kebutuhan pokok dan obat-obatan. Mereka juga dihimbau untuk tinggal di dacha sementara waktu. 

Pasalnya dacha atau rumah peristirahatan biasanya berada di pinggiran kota dengan cuaca lebih hangat yang dapat menghambat virus. Bagi yang melanggar bakal dikenai denda 4.000 rubel atau sekitar Rp 800 ribu. Sergei pun meminta warga mengurangi interaksi dengan kelompok berisiko tinggi.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR