Di Tengah Ancaman Corona, PPS Kecamatan Majalaya Bakal Dilantik Besok

Pemilu

Sabtu, 21 Maret 2020 | 21:21 WIB

200321212304-di-te.jpg

Engkos Kosasih

PANITIA Pemilihan Kecamatan (PPK) Majalaya berencana melaksanakan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Majalaya di Aula Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Minggu (22/3/2020).

Untuk mencegah penyebaran penularan virus corona atau covid-19, PPK Majalaya menerapkan berbagai langkah dan pola dalam pelaksanaan pelantikan tersebut.

"Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh semua anggota PPS yang akan dilantik tersebut, di antaranya menjaga jarak 1 meter atau sosial distancing dan menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona," kata Ketua PPK Majalaya Iskandarsyah kepada galamedianews.com di Majalaya, Sabtu (21/3/2020) malam.

Untuk persiapan pelantikan, imbuh Iskandarsyah, pihaknya menyemprotkan disinfektan permukaan di ruang pelantikan, sebelum para anggota PPS mengikuti acara pelantikan.

"Untuk diperhatikan pula, sebelum acara dimulai, tidak menunggu di dalam ruangan (lebih baik menunggu sebelum acaranya di luar sambil berjemur). Tidak boleh merokok di dalam ruangan. Acara tidak boleh lebih dari 2 jam. Sebelum masuk ruangan, cuci tangan pakai sabun dan handsanitizer," tutur Iskandarsyah.

Ia mengatakan langkah-langkah itu yang harus diperhatikan untuk kegiatan pelaksanaan pelantikan anggota PPS se-Kecamatan Majalaya.

Kegiatan acara pelantikan PPS dilaksanakan secara sederhana dan dalam situasi dan kondisi darurat kesehatan, Namun tidak akan mengurangi esensi dan makna dari marwah para pelaksana demokrasi tersebut.

"Walau demikian, kami berharap PPS menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan yang telah ditentukan. Netral adalah kewajiban bagi semua anggota PPS,  beritegritas dan penuh tanggung jawab. Semoga dengan akan dilantiknya anggota PPS ini dapat menjadi jalan bagi seluruh warga dalam menjalankan hak konstitusionalnya," tuturnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR