Virus Corona Bikin Angka Penjualan Mobil Anjlok

Otomotif

Kamis, 19 Maret 2020 | 22:46 WIB

200319204732-virus.jpg

mobilmo.com

ilustrasi

DAMPAK ganasnya virus corona atau covid-19 benar-benar mulai kena ke berbagai sektor, salah satunya dunia otomotif. Di mana, penjualan mobil di Cina yang jadi pasar terbesar di dunia anjlok.

Seperti dilansir dari Reuters, hingga pertengahan Maret ini ini penjualan terasa turun sekali di Cina. Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) mengungkapkan penjualan mobil turun hampir setengahnya.

Penjualan mobil penumpang secara retail pada 15 hari pertama bulan Maret 2020 turun mencapai 47 persen. Virus yang berasal dari Wuhan Cina ini memang membuat produksi dan penjualan mobil di negara terhenti.

"Beberapa kota mulai masyarakat untuk kembali beraktivitas normal. Namun, kepercayaan konsumen terhadap pembelian mobil kemungkinan tidak akan kembali normal sebelum akhir Maret," bunyi pernyataan CPCA, seperti dilansir kembali dari 100KPJ.

Pada bulan Februari 2020, CPCA melaporkan bila penjualan mobil di negeri tirai bambu tersebut turun hingga 80 persen. Situasi itu membuat pabrikan otomotif di China benar-benar merana.

Tak cuma merek otomotif Cina yang anjlok, tapi juga penjualan merek Jepang seperti Nissan dan Honda. Bahkan, penjualan mobil Hyundai sampai turun 97 persen dari 38.017 unit sampai 1.007 unit.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR