Konsumsi Manggis Bisa Cegah Covid-19

Ragam

Kamis, 19 Maret 2020 | 06:10 WIB

200319061149-konsu.jpg

Hilmi Abdul Halim/PR

BUAH manggis dinilai memiliki manfaat yang dapat mencegah penyakit dari virus corona (Coronavirus Disease 2019/ Covid-19). Hal itu dibuktikan oleh para siswa Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Kabupaten Purwakarta.

Kepala Program Farmasi Industri, SMK Farmasi Purwakarta, Sitti Sarah Nuraini menjelaskan kandungan zat aktif alpha-mangostin pada manggis.

"Zat tersebut efektif sebagai antibactericidal, fungicidal dan meningkatkan daya tahan tubuh," katanya kepada pewarta PR, Hilmi Abdul Halim.

Alpha-mangostin, kata Sitti, merupakan pigmen warna pada kulit buah. Ia menambahkan, manggis juga terbukti berkhasiat sebagai antioksidan dan anti-inflamatory sehingga baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Menurut Sitti, virus memiliki sifat seperti bakteri. “Kalau bakteri bisa dimatikan sedangkan virus akan inaktif jika kondisi tubuh kita tidak menguntungkan (untuk perkembangan virus). Manggis bisa menjadi alternatif supaya imunitas dan daya tahan tubuh kita meningkat," katanya.

Manggis yang bernama latin Garcinia Mangostana itu diketahui memiliki kandungan yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh manusia. Salah satunya, karena mengandung Vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh sekitar 12 persen.

"Buah manggis bisa dimanfaatkan dari semua bagian buahnya mulai dari daging buah, hingga kulit buahnya," ujar Sitti. Tak heran bila manggis dijuluki oleh sebagian masyarakat sebagai ratunya buah-buahan.

Umumnya masyarakat lebih banyak yang mengonsumsi daging buahnya yang berwarna putih di dalam lapisan kulit buahnya. Padahal, kulit buah tersebut juga bisa dimanfaatkan menjadi sabun antiseptik.

Sabun berbahan kulit manggis itu telah diproduksi oleh para siswa SMK Farmasi Purwakarta. Inovasi mereka bahkan telah diapresiasi langsung oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Ia berharap masyarakat di daerahnya bisa lebih banyak memanfaatkan manggis lokal yang saat ini tengah panen raya. "Kita ternyata punya buah yang bermanfaat bagi kesehatan, apalagi sekarang sedang merebak virus corona. Mengonsumsi manggis bisa menjadi salah satu upaya pencegahan," ujar Anne.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga telah menggelar Festival Manggis Purwakarta 2020 akhir pekan lalu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan buah manggis khas Purwakarta kepada masyarakat lokal maupun luar daerahnya.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto mengakui rasa manggis asal Purwakarta memiliki ciri khas tersendiri. "Salah satunya ada rasa masam, tapi masamnya masam segar dan ini yang banyak disukai di pasar internasional," katanya pada acara tersebut.

Manggis dari Purwakarta telah diekspor ke Cina sejak beberapa tahun lalu. Ke depannya, Kementerian Pertanian diakui tengah mengembangkan ekspor manggis ke negara-negara tujuan yang baru di Eropa hingga Timur Tengah.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR