Polres Subang Ringkus Pelaku Penggelapan 16 Mobil

TKP

Rabu, 18 Maret 2020 | 12:52 WIB

200318125502-polre.jpg

Dally Kardilan

Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani saat menyerahkan kendaraan yang digelapkan tersangka Rik kepada pemiliknya.

TERSANGKA penggelapan dan penipuan berbagai jenis kendaraan roda 4 di wilayah Kabupaten Subang berhasil diringkus jajaran Satreskrim Polres Subang. Rik (28) warga Kecamatan Subang tidak berkutik setelah dilaporkan dan barang bukti yang berhasil diamankan polisi.

Kapolres Subang, AKBP Teddy Fanani didampingi Kasatreskrim AKP Deden A Yani kepada wartawan mengungkapkan, terbongkarnya kasus ini setelah ada salah seorang korban bernama Endang dari Kelurahan Cigadung melaporkan kalau kendaraan yang direntalnya ada yang membawa lari.

Akhirnya jajaran Satreskrim pun melakukan pencarian dan berhasil mengamankan kendaraan yang telah digadaikan termasuk tersangkanya.

“Modus tersangka melakukan penggelapan dan penipuan kendaraan tersebut dengan melakukan penyewaan kendaraan ke berapa orang pemilik kendaraan bertarif Rp 250.000 perhari dan disewa selama 1-2 bulan. Namun dalam perjalannya, rata-rata pada bulan ke 4 tak lancar dan bahkan tersangka dengan kendaraannya tidak ada," jelas Kapolres.

Hasil pemeriksaan terhadap tersangka, kalau dirinya melakukan hal tersebut karena terdesak kebutuhan untuk hidup dengan mengaku sebagai perental dan ada juga sebagai pemilik rental.

Padahal kendaraan itu digadaikan kepada orang lain dengan harga bervariasi antara Rp Rp.20-40 juta tergantung jenis kendaraannya.

”Yang jelas apapun alasannya perbuatan tersangka Rik sudah memenuhi unsur penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 7 tahun sebafaimana diatur pasal  372 dan 378 KUHP," ungkap Teddy.

Diserahkan Gratis

Pada kesempatan itu Kapolsek Subang menyerahkan 2 unit kendaraan kepada pelapor atas nama Endang dan yang tidak melapor karena mengetahui kalau tersangka yang menggelapkan kendaraannya tertangkap polisi, yaitu Handoko.

"Silakan kalau merasa kehilangan atau menyewakan serta menitipkan kendaraan kepada tersangka asal ada identitas kendaraannya berupa BPKB akan diberikan gratis tanpa dipungut uang," pungkanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR