Antisipasi Penyebaran Corona, Gedung DPRD Disemprot Disinfektan dan Siapkan Hand Sanitizer

Bandung Raya

Senin, 16 Maret 2020 | 21:52 WIB

200316215226-antis.jpg

Humas DPRD Kota Bandung

Petugas kesehatan tengah melakukan penyemprotan disinfektan di sebuah ruangan Gedung DPRD Kota Bandung, Senin (16/3/2020).

SEBAGAI upaya mengantisipasi merebaknya wabah Corona di Kota Bandung, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kawasan Gedung DPRD Kota Bandung di Jalan Sukabumi Nomor 30 Bandung, Senin (16/3/2020). Selain penyemprotan disinfektan, kunjungan-kunjungan ke Gedung DPRD pun akan dibatasi jumlahnya.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan yang menyebutkan, seiring makin merebaknya wabah virus corona, beberapa kunjungan kerja DPRD Kota atau Kabupaten dari luar Kota Bandung ke DPRD Kota Bandung banyak yang dibatalkan.

“Ada beberapa daerah yang membatalkan kunker (kunjungan kerja), misalnya hari ini yang membatalkan ada dari Kabupaten Pangandaran, karena menerima informasi Bandung mengurangi penerimaan kunjungan,” ujar Tedy.

Meskipun demikian, ada beberapa tamu kunker yang tetap datang ke DPRD Kota Bandung. “Ini yang jadi masalah kita, mau ditolak mereka sudah berangkat, sudah jauh-jauh. Hal ini karena surat kunjungan ke DPRD biasanya sudah diterima seminggu sebelumnya,” jelas Tedy

Begitu pun dengan audiensi yang dilakukan warga atau organisasi, DPRD Kota Bandung akan memberlakukan peraturan jumlah orang. “Untuk audiensi warga jika jumlahnya terbatas, kita terima. Tidak lebih dari lima orang”, kata Tedy.

Selain berpengaruh terhadap jadwal kunjungan kerja, Tedy juga menyebutkan kondisi saat ini mau tidak mau akan berpengaruh terhadap bahasan raperda yang sedang dijalani anggota DPRD Kota Bandung. “Ada tiga raperda yang harus selesai pada Mei 2020 ini, saya akan bertemu dulu dengan para ketua Pansus untuk membahas reschedule. Ini jelas tidak mudah. Bahkan sampai hari ini pun (kemarin ,red) Pansus tetap berjalan seperti sebelum ada kasus wabah Corona,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dewan DPRD Kota Bandung, M. Salman Fauzi menyebutkan, upaya penyemprotan disinfektan di seluruh kawasan Gedung DPRD Kota Bandung sebagai upaya pihaknya mengeliminasi penyebaran virus Corona khususnya di lingkungan DPRD Kota Bandung. “Hari ini seluruh gedung dewan termasuk ruangan-ruangannya sudah dilakukan penyemprotan disinfektan,” ujar Salman.

Selain itu, menurut Salman, pihaknya juga sudah menyiapkan hand sanitizer di banyak titik di lingkungan Gedung DPRD Kota Bandung. Selain itu, pihak Sekwan juga menyebarkan poster-poster berisi pesan kesehatan di lingkungan DPRD Kota Bandung. “Ini sebagai upaya kami mengantisipasi wabah yang sekarang ini sedang merebak bukan hanya di Bandung tapi di seluruh dunia,” ujarnya.

Bahkan menurut Salman, pihaknya menyiapkan alat pemantau suhu tubuh yang akan digunakan untuk mengecek seluruh staf dan pekerja serta mereka yang keluar masuk dan berada di lingkungan DPRD Kota Bandung. “Tadi Ketua DPRD menyebutkan, dimungkinkan kita menyiapkan alat pengukur suhu tubuh untuk memeriksa orang yang beraktivitas di Gedung DPRD Kota Bandung ini. Semua ini dilakukan semagatnya adalah mengeliminasi perkembangan wabah Corona yang sudah dinyatakan sebagai wabah pandemic atau menyebar secara global,” pungkas Salman.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR