"Rusak" Trotoar untuk Pipanisasi, Perumda Tirtaraharja Janji Akan Memperbaiki

Bandung Raya

Jumat, 28 Februari 2020 | 15:07 WIB

200228150755--rusa.jpg

Ziyan Muhammad Nasyith

SEJUMLAH warga Kabupaten Bandung mempertanyakan pekerjaan galian untuk pemasangan pipa air minum milik Perumda Tirtaraharja di atas trotoar yang baru selesai dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung.

Galian tersebut untuk pemasangan jaringan pipa air bersih untuk wilayah Kecamatan Soreang hingga Kecamatan Katapang.

"Galiannya menganga, bisa membahayakan pengguna jalan, apalagi kalau malam lumayan gelap. Yah seharusnya selain spanduk proyek, akan lebih aman kalau setiap lubangnya dikelilingi plastik rambu larangan melintas. Apalagi lubangnya lumayan dalam," kata salah seorang warga Kabupaten Bandung, Yogi B di Soreang, Jumat (28/2/2020).

Selain membahayakan, kata Yogi, sebagai warga Kabupaten Bandung ia mempertanyakan proyek pipanisasi di atas trotoar yang baru saja selesai dibangun oleh Dinas PUTR Kabupaten Bandung. Bongkar pasang pekerjaan di satu tempat yang sama, tentunya menimbulkan pemborosan anggaran.

Menanggapi hal tersebut, Manager Junior Humas Perumda Tirtaraharja, Sri Hartati menjelaskan, pemasangan pipa di trotoar di sepanjang Jln. Raya Terusan Al Fathu Soreang hingga Warunglobak itu akan diperbaiki kembali setelah pemasangan pipa utama 400 rampung.

Diakui Sri, pembongkaran sebagian trotoar di kawasan tersebut sudah seizin dari pihak terkait, yakni Dinas PUTR Kabupaten Bandung sebelum proyek pelaksanaan dilakukan.

"Kami sudah koordinasi dan mendapatkan izin dari dinas terkait. Selain itu, kami juga punya komitmen untuk memperbaiki kembali trotoar tersebut seperti sedia kala. Kami juga memohon maaf pada masyarakat atas ketidaknyamanan ini. Namun demikian, apa yang kami lakukan ini untuk kepentingan masyarakat banyak," ujar Sri.

Dirinya menyebutkan, direncanakan pemasangan pipa utama dari Jln. Raya Terusan Al Fathu hingga Warunglobak itu rampung pada Mei 2020 mendatang. Selama pemasangan pipa itu, pihaknya juga terus melakukan pengawasan pekerjaan yang tengah dilaksanakan oleh kontraktor pihak ketiga itu.

"Tim pengawas dari Perumda Tirtaraharja akan terus mengawasi pengerjaan itu. Serta memastikan semua proses pengerjaannya aman dan tidak membahayakan masyarakat," jelasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR