Umrah Disetop Sementara, Kemenag Jabar Minta Travel Cari Informasi Detail

Haji

Kamis, 27 Februari 2020 | 19:47 WIB

200227194704-umrah.jpg

Rio Ryzki Batee

Plt. Kepala Kanwil Kemenag Jabar Handiman Romdony

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) Provinsi Jabar masih belum bersikap soal adanya pengumuman penghentian umrah untuk sementara waktu. Kemenag bahkan meminta travel umrah mencari informasi yang lebih detil akan persoalan tersebut.

"Jadi saat ini kami baru menerima rilis via WA (WhatsApp) yang menginformasikan bahwa memang benar mulai hari ini Saudi Arabia menghentikan sementara visa untuk umroh," ungkap Plt. Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Handiman Romdony, di Graha Batununggal, Jln. Batununggal, Kota Bandung, Kamis (27/2/2020).

Romdony menyebut pihaknya masih menunggu instruksi selanjutnya dari Kemenag RI. Hanya setahu dirinya, Arab Saudi mengeluarkan kebijakan itu sebagai bentuk antisipasi wabah virus Corona.

"Sampai saat ini belum ada kepastian sampai kapan kebijakan tersebut berlaku. Kami menimbau kepada semua travel supaya berkoordinasi dengan Kemenag setempat dalam mencari informasi yang lebih detail. Karena sampai saat ini kami belum menerima rilis resmi dan petunjuk dari pusat," ungkapnya.

Romdony juga meminta agar masyarakat yang akan berangkat umrah untuk tetap tenang. Provinsi Jawa Barat sendiri merupakan penyumbang tertinggi pemberangkatan ibadah umrah di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama perjalanan umrah dan haji Qiblat Tour, Wawan menerangkan, pihaknya tengah berkomunikasi dengan otoritas penerbangan dan pihak kedutaan, terkait penangguhan visa umrah ini.

"Saya menuju ke Jakarta, untuk membahas perihal tersebut. Terkait penangguhan visa itu memang benar menjadi keputusan pihak kerajaan Arab Saudi," terangnya.

Ia menerangkan, yang saat ini menjadi fokus travel, yakni bagaimana memberikan penjelasan detail ke jemaah.

"Maka fokus kami menjelaskan ke jemaah umrah soal persoalan ini. Kalau itu menjadi tanggung jawab siapa, yang penting kami menenangkan dulu jemaah," tambahnya.

Editor: Lucky M. Lukman

  • BERITA TERKAIT

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR