Calon Jemaah Umrah Diimbau untuk Tidak Panik

Haji

Kamis, 27 Februari 2020 | 19:21 WIB

200227192125-calon.jpg

Darma Legi

Petugas memberikan keterangan kepada pengunjung tentang Umroh dan Haji pada kegiatan Pameran Umrah dan Haji se Jawa Barat dengan di Trans Studio Mall, Jln. Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (27/2/2020).

OWNER travel ibadah haji dan umrah PT. Indojava Mulia Wisata, H. Yus Russamsi Ahmad mengaku sudah menerima kabar tentang penangguhan atau pemberhentian sementara waktu pelaksanaan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Menurutnya, pengumuman yang disampaikan Pemerintah Arab Saudi itu menekankan seluruh layanan visa untuk jemaah umrah diberhentikan sementara waktu.

"Berita ini disampaikan Pemerintah Arab Saudi jam 12 malam waktu Arab Saudi atau pada 27 Februari. Jadi bukan selamanya, hal ini berkaitan dengan adanya wabah virus corona," ungkap Yus, Kamis (27/2/2020).

"Pemerintah Arab Saudi ingin semua jemaah dan penduduk Arab Saudi bebas dari virus corona. Menyangkut penghentian pelayanan visa umrah ini bersifat sementara saja," sambungnya.

Yus mengatakan, pemerintah Arab Saudi ingin mengantisipasi dulu, supaya jemaah atau orang yang datang ke Arab Saudi disterilkan dulu. Di antaranya di bandara atau apapun yang menjadi langkah kebijakan pemerintahan setempat.

"Waktu kapan dibuka kembali layanan visa umrah, kami belum bisa memastikan kapan. Pemerintah Arab Saudi menghentikam pelayanan visa umrah ini, bukan hanya untuk jemaah asal Indonesia saja, tapi untuk seluruh dunia," katanya.

Yus juga turut mengimbau kepada seluruh jemaah atau seluruh masyarakat yang sudah mendaftar di seluruh travel di Indonesia, khususnya di PT Indojava Mulia Wisata agar tenang.

"Tidak usah panik, tidak usah merasa akan menjadi semua kehilangan. Kami semua saling berkoordinasi antar travel, asosiasi dan pemerintah. Termasuk pemerintah Indonesia dengan pemerintah Arab Saudi," katanya.

Ia berharap dalam waktu cepat atau singkat, permasalahan ini bisa tertanggulangi. "Harapan kami, Pemerintah Arab Saudi sudah bisa segera kembali membuka akses pelayanan visa. Kami kembali mengimbau kepada para jemaah untuk tenang, tidak usah lanik. Insya Allah dalam waktu dekat, permasalahan ini, khususnya para jemaah yang hendak melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Arab Saudi agar segera terealisasi," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

  • BERITA TERKAIT

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR