Batal Berangkat ke Tanah Suci, Travel Tanggung Ongkos Jemaah Umrah Kembali ke Daerah Asal

Haji

Kamis, 27 Februari 2020 | 18:53 WIB

200227183815-batal.jpg

dok

ilustrasi

KEBIJAKAN penghentian layanan jamaah umrah sempat mengagetkan rombongan dari PT Cahaya Raudhah yang sedang menunggu keberangkatan atau terbang di Bandara Soekarno- Hatta, Tangerang, Banten. Saat menunggu, tiba-tiba terdengar pengumuman kalau penerbangan ke Saudi Arabia ditunda.

"Jemaah kami sebanyak 27 orang akan berangkat pada pukul 14.00 WIB. Ternyata dicancel untuk waktu yang belum jelas," kata H. Wawan, Penanggungjawab PT Cahaya Raudhah yang berkedudukan di Jln. Sutaatmaja, Cigadung, Subang, Kamis (27/2/2020) sore.

Ia mengatakan, awalnya memang muncul kekecewaan. Namun setelah ada penjelasan akhirnya menyadari kalau niat awal berumrah adalah ibadah dan panggilan dari Yang Maha Kuasa.

"Apalagi sebagai manusia biasa hanya bisa merencanakan dan kembali Allah yang menentukan dan bersifat sementara. Sebab, di Saudi itu sedang siap-siap menerima kedatangan jamaah umrah," terangnya.

"Ya, kami akan tanggulangi semua ongkos kembali dari bandara, termasuk bila nanti sudah ada ketentuan dibuka kembali penerbangan ke Arab Saudi," sambung H. Wawan.

Lebih lanjut ia mengatakan, hal tersebut merupakan risiko yang wajar. Apalagi sudah ada edaran resmi dan dengan sendirinya harus menaati regulasi dari negara yang dituju.

Mengenai adanya isu-isu tentang jemaah umrah yang sudah berada di Arab Saudi tidak boleh keluar dari hotel termasuk beribadah di masjid, menurutnya hal itu hanya hoaks. Pasalnya, sebanyak 39 rombongan dari Cahaya Raudhah yang sudah berangkat sebelumnya dan berada di Madinah berjalan normal melaksanakan ibadah.

"Setelah kami cek ke mitra yang ada di sana, ternyata pemerintahan di sana sedang menyiapkan penambahan berbagai peralatan untuk mendeteksi penyebaran virus corona, termasuk ruang isolasi dan perawatan sebelum dikembalikan ke negara asal yang masuk bila diketahui positif," ungkap H. Wawan.

Editor: Lucky M. Lukman

  • BERITA TERKAIT

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR