24 Jam 76 Hari, Jelang Parade Militer Fatherland Day Rusia Siarkan Nama 12 Juta Tentara yang Tewas

Dunia

Kamis, 27 Februari 2020 | 16:16 WIB

200227161213-jelan.jpg

dailymail

Kanal berita Rusia menyiarkan nama 12 juta tentara Soviet yang tewas selama Perang Dunia II, menjelang peringatan 75 tahun berakhirnya perang pada Mei mendatang.

Langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dilakukan  saluran berita Rossiya 24 yang dikontrol negara. Tudingan pun mengarah  pada Kremlin yang disebut “menggunakan sejarah konflik” untuk membangkitkan nasionalisme.

Jelang parade militer besar-besaran.

Dikutip dari DailyMail kemarin, inisiatif yang diluncurkan pada Defender of the Fatherland Day (Hari Pembela Tanah Air) pada 23 Februari itu dijadwalkan baru akan berakhir tepat pada 8 Mei atau tak kurang dari 76 hari.

Satu hari setelah nama terakhir dibacakan Rusia meryakan  Hari Kemenangan yang akan diwarnai parade militer. Dipastikan dihadiri Presiden Vladimir Putin, koleksi tank dan pasukan infanteri dijadwalkan tampil di Lapangan Merah. Parade digelar guna menandai berakhirnya perang di Eropa.

Count down: 24 jam 76 hari  6.070 nama per 60 menit.

Perayaan dilakukan besar-besaran untuk peringatan 75 tahun kemenangan Sekutu atas Nazi. Angka resmi menyebut menunjukkan Uni Soviet kehilangan  27 juta warga akibat kecamuk Perang Dunia.

Pihak Rossiya 24 menyebut pembacaan belasan juta nama bertujuan untuk mengapresiasi jasa para pahlawan perang Soviet terlepas dari pangkat mereka. Dikatakan proyek ini juga menjadi dasar faktual melawan upaya  memalsukan sejarah perang.

Pasukan Soviet mempertahankan diri di Stalingrad.

Seorang tentara Jerman menginspeksi tank Soviet yang hancur saat Perang Kursk.

Rusia kerap menuduh negara-negara Barat meremehkan kontribusi mereka dalam  mengalahkan Nazi, meski Soviet mengalami kerugian besar. Di luar itu ketegangan dengan beberapa negara meningkat menjelang peringatan 9 Mei kali ini, khususnya Polandia yang baru-baru ini disebut Putin berkolaborasi dengan Hitler. Menanggapi ini Warsawa balik menuding Moskow tengah “merevisi” propaganda Stalinis.

Total ada 12.677.857 tentara yang tewas dan hilang selama perang. Semua  ditayangkan di Rossiya 24 sepanjang waktu dalam running text berlatar warna hitam dan oranye, warna seragam militer Rusia. Nama-nama ini muncul di sisi kanan layar dengan banner bertuliskan: Remember Each One. Satu jam ada 6.070 yang muncul di layar.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR