Kit Juara 88 Tahun Lalu

Hanya Akan Digunakan Satu Kali, Adidas Rilis Jersey Muenchen Edisi Jahre 120

Soccer

Kamis, 27 Februari 2020 | 14:42 WIB

200227144222-hanya.jpg

dailymail

Dua hari setelah menjungkalkan Chelsea di Liga Champions Rabu dini hari WIB, Bayern Munich merilis jersey edisi 120 tahun berdirinya klub bermoto Mia San Mia tersebut.

Jersey putih dengan aksentuasi burgundi atau merah anggur pada kerah dan lengan ini sekilas tak terlihat memiliki badge. Tapi dilihat lebih dekat, Muenchen memilih badge kebanggaan dan logo Adidas dalam nuansa off-white.

Sarat nilai historis.

Spot the badge!

Dikutip dari DailyMail, Kamis (27/2/2020) jersey yang terlihat fresh ini diluncurkan untuk memperingati berdirinya klub pada 27 Februari 1990. Jersey yang sama menjadi kit di musim kemenangan pertama Muenchen di Kejuaraan Jerman musim 1932.

Dalam pernyataannya Adidas memaparkan, “Tim desain mempelajari jersey yang dikenakan selama musim kemenangan pertama pada tahun 1932, mengidentifikasi apa yang membuatnya sangat ikonik, dan apa yang bisa diadaptasi untuk rilis 2020.”

Wanna!

Hasilnya, menggabungkan prinsip-prinsip desain dan motif dari dua era yang berbeda ini Adidas menyebut edisi teranyar di tahun cantik 2020 mewakili sejarah dan masa depan salah satu klub paling ikonik di dunia.

Desain dimaksud juga menampilkan siluet halus “120 Jahre” yang berarti 120 tahun di kerah bagian dalam. Jersey ini hanya akan dikenakan satu kali oleh para pemain yaitu di laga kandang melawan Augsburg pada 8 Maret mendatang.

Kit kemenangan pertama Muenchen tahun 1932.

Hanya akan digunakan satu kali.

Tahun 1932 Bayern meraih titel nasional pertama tepatnya saat kompetisi  memasuki musim ke-25. Saat itu klub harus lolos kejuaraan regional sebelum bermain di turnamen nasional dengan sistem gugur. Di partai puncak Bayern mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor 2-0. Tapi laju mereka terpaksa terhenti menyusul gerakan Nazisme.

Selepas musim 1933 kompetisi diganti dengan Gauligas yang diinisiasi Nazi  dengan peserta dari 16 divisi regional. Gerakan anti-Yahudi yang diserukan Nazi membuat Presiden dan pelatih klub Muenchen yang berdarah Yahudi mengundurkan diri. Tak sedikit yang mengecap Bayern sebagai klub Yahudi.

The comments: YAS!

Selama fase ini Bayern tak sekali pun mengangkat trofi hingga era Bundesliga dimulai tahun 1969. Sejak itu skuad Muenchen sudah mengoleksi  27 gelar juara. Menanggapi rilis jersey istimewa ini die-hard Bayern  menyambutnya dengan riuh.

Selain pemain senior seperti Thomas Mueller, mantan pemain Arsenal Serge Gnabry ikut menjadi model. Gnabry sejauh ini sudah mencetak enam gol. Termasuk  kala Bayern menjungkalkan Chelsea.  Bersama mesin gol lainnya Robert Lewandowski, Gnabry bersiap untuk laga leg kedua di Allianz.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR