Kartu Pengawasan Palsu Angkutan Barang Banyak Beredar di Cimahi

Bandung Raya

Kamis, 27 Februari 2020 | 12:59 WIB

200227130059-kartu.jpg

Laksmi Sri Sundari

KARTU pengawasan palsu angkutan barang ditemukan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, saat menggelar operasi penegakkan hukum (Gakum) di kawasan Cilember Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi, Kamis (27/2/2020).

"Kita dapatkan angkutan barang, setelah kita periksa dokumen kendaraannya masih ditemukan kartu pengawasan palsu, yang diterbitkan oleh Dishub Kota Bandung," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang disela kegiatan

Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Dishub Kota Bandung terkait masih maraknya kartu angkutan barang yang dipalsukan. "Dan tadi kami temukan. Kami melakukan penyitaan terlebih dahulu kartu pengawasan tersebut, untuk kami tindaklanjuti, apakah akan dilakukan penyidikan atau penyelidikan," katanya.

"Untuk pengemudinya kita lakukan penindakan, kita tahan STNK-nya. Dan kita akan panggil dari pengusahanya untuk mengetahui lebih lanjut terkait kartu palsu ini," tambah Ranto.

Menurutnya, pengemudi angkutan barang tersebut tidak mengetahui kartu pengasanya palsu. Sebab, kata Ranto, mereka hanya mengoperasi kendaraan yang sudah dilengkapi surat-surat.

"Untuk palsu tidaknya mereka tidak tahu. Tadi sudah kami beritahu kalau sejak tahum 2017, Dishub Kota Bandung tidak lagi menerbitkan kartu pengawasan, tapi diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung," beber Ranto.

Begitu pula di Kota Cimahi, sambung Ranto, kartu pengawasan sudah dialihkan ke DPMPTSP Kota Cimahi. "Potensi pemalsuan di Cimahi saya rasa sangat sulit dipalsukan, karena dari DPMPTSP bukan diterbitkan melalui surat, tapi dalam bentuk smart card seperti ATM," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR