Lucas Bawa Lyon Tekuk Wakil Italia, Juventus

Soccer

Kamis, 27 Februari 2020 | 05:31 WIB

200227053546-toko-.jpg

KLUB tajir, Juventus di luar dugaan harus menelan kekalahan tipis 1-0 saat menghadapi Olympique Lyon dalam duel leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Groupama Stadium, Kamis (27/2/2020) dini hari WIB.

Bagi Lyon, ini merupakan torehan kemenangan perdana atas Juventus di kancah Eropa setelah melewati empat pertemuan sebelumnya tanpa pernah mengalahkan wakil Serie A tersebut. 

Babak Pertama:

Dilansir dari goal.com, laga baru enam menit Juventus langsung mendapat peluang matang. Cristiano Ronaldo yang menusuk dari sisi kiri memberikan umpan silang di depan gawang Lyon, namun Juan Cuadrado yang berada di tiang jauh sedikit terlambat menyambut bola.

Tertekan sejak awal, Lyon perlahan bangkit dan menemukan ritme. Mereka nyaris mengejutkan Juventus dan membuka keunggulan pada menit ke-21, ketika sepak pojok Houssem Aouar berhasil disambut dengan sundulan Karl Toko Ekambi, namun bola menerpa mistar gawang.

Menit ke-31, tuan rumah benar-benar mewujudkan ancaman menjadi sebuah gol. Penetrasi Aouar dari sisi kiri gagal dibendung pertahanan Juventus, dan sang winger dengan mudah mengirimkan umpan silang ke tengah untuk disambut oleh Lucas Tousart. 1-0.

Kepercayaan diri Lyon semakin meningkat selepas memimpin. Mereka hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-41 memanfaatkan blunder Leonardo Bonucci yang lengah dalam menerima umpan, beruntung Juventus tak kemasukkan setelah tembakan Toko Ekambi melambung tinggi.

Babak Kedua:

Juventus berusaha bangkit dan meningkatkan intensitas serangan mereka. Akan tetapi, selama sepuluh menit paruh kedua berjalan, mereka terus kesulitan membongkar pertahanan solid Lyon.

Tak satu pun dari Ronaldo, Cuadrado hingga Paulo Dybala bisa melepaskan tembakan ke gawang lawan.

Menit ke-69, Juventus mendapat peluang paling berbahaya mereka ketika Lyon fokus menambah kekuatan pertahanan. Hanya saja, tembakan pertama Dybala saat menyambut umpan silang Alex Sandro dari sisi kiri lapangan masih melenceng dari sasaran.

Memasuki sepuluh menit akhir, Juve terus menekan. Higuain mendapat kans terbuka dari depan gawang Lyon saat menerima umpan tarik Dybala, tapi tembakannya melenceng.

Pun demikian dengan aksi Dybala dua menit kemudian yang berbuah gol, tapi dianulir wasit karena off-side. Lima menit tambahan waktu di babak kedua juga tidak mampu dimaksimalkan oleh Juventus untuk mengejar ketertinggalan, dan mereka harus menutup lawatan ke Prancis dengan hasil mengecewakan.

Susunan Pemain:

Lyon (3-4-3): Lopes; Marcelo, Denayer, Marcal; Dubois, Bruno, Tousart, Cornet; Toko Ekambi, Aouar, Dembele.

Juventus (4-3-3): Szczesny; Danilo, De Ligt, Bonucci, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic, Rabiot; Cuadrado, Dybala, Ronaldo.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR