GBLA Jadi Alternatif Homebase Persib Bandung di Liga 1 2020

Persib

Rabu, 26 Februari 2020 | 19:53 WIB

200226195015-gbla-.jpg

dok

Stadion GBLA dari ketinggian.

STADION Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) akan menjadi pilihan alternatif homebase bagi Persib Bandung di Liga 1 2020. Sebelumnya, Maung Bandung sudah mengajukan Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung menjadi kandang Persib.

"Ada dua stadion yang didaftarkan untuk menjadi homebase Persib. Pertama, Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung. Kedua Stadion GBLA di Kota Bandung," kata General Coordinator Panpel Persib Bandung, Budi Bram Rachman di Bandung, Rabu (26/2/2020).

Bram menuturkan, untuk stadion kedua di GBLA pihaknya masih harus menempuh beberapa syarat lagi agar bisa digunakan. Salah satunya adalah verifikasi stadion yang dilakukan PT LIB sebagai operator Liga 1 2020. Rencananya, Kamis (27/2/2020) PT LIB akan memverifikasi Stadion GBLA.

"Secepatnya GBLA akan diversifikasi. Antara Kamis (27/2/2020) atau Jumat (28/2/2020). Tapi kemungkinan besar ada di Kamis (27/2/2020) sambil menunggu kabar pastinya," ujarnya.

Setelah itu, kata Bram, izin kepolisian menjadi langkah selanjutnya yang harus ditempuh Panpel Persib. Syarat ini juga berlaku untuk penggunaan Stadion Si Jalak Harupat.

"GBLA sangat siap digunakan selama polisi mengizinkan. Jadi mau di GBLA atau di Jalak Harupat kami Panpel sangat siap karena kedua stadion memang sangat layak untuk digunakan," tuturnya seperti ditulis wartawan "PR", Miradin Syahbana Rizky.

Sebelumnya, pada acara launching Persib Bandung Selasa (25/2/2020) malam, manajer Persib Bandung Umuh Muchtar menegaskan Persib telah siap jika diizinkan untuk mengelola stadion GBLA.

Menurut Umuh, Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Glenn Sugita, telah menyiapkan dana mencapai Rp 400 miliar.

"Pak Glenn bicara sampai Rp 400 miliar, bukan uang sedikit, ya, dan semua akan dirombak dan diperbaiki dulu, Pak Glen (menyambut) positif," ucap Umuh.

Menurut Umuh, Persib akan betul-betul membuat GBLA menjadi sangat cantik. Bahkan, pihaknya sudah merekrut konsultan perihal Stadion GBLA. "Sudah didaftarkan juga dari konsultan dan lain-lain, dari atap yang kami betulkan, sisanya aman," ujar Umuh lagi.

Dengan begitu, kata Umuh, Pemerintah Kota Bandung tidak perlu mengeluarkan anggaran lagi untuk melakukan pemeliharaan Stadion GBLA.

"Nanti Pemkot tidak akan mengeluarkan biaya apapun, tapi justru dapat keuntungan dari PT PBB, sudah diperhitungkan. Dari Pemkot berapa, dari pengeluaran berapa, kan itu hilang, malah jadi keuntungan," katanya.

Umuh juga menambahkan, PT PBB berencana untuk mengelola Stadion GBLA selama 10 tahun. Dengan durasi tersebut, Umuh menjanjikan untuk menghadirkan wajah baru bagi Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

"Itu kalau bisa tidak per tahun ya, kalau perawatan kan ditanggung PT PBB, tapi kami minimal 10-15 tahun. Rp 400 miliar kan bukan biaya sedikit, akan mewah, taraf internasional," ucapnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR