Ulung : Pabrik Tembakau Gorila Ini Sudah Lama dan Dijual ke Seluruh Indonesia

TKP

Rabu, 26 Februari 2020 | 14:12 WIB

200226141405-ulung.jpg

Remy Suryadie

SATNARKOBA Polrestabes Bandung, menggerebek sebuah kost-kostan di Jalan Lapang Tembak, Katamso, Kota Bandung, pada Rabu (26/2/2020).

Kost-kostan itu dijadikan tempat produksi tembakau gorila. Dalam penggerebekan itu, polisi amankan tiga orang dan alat-alat produksi untuk pembuatan tembakau gorila.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya didampingi Kasat Reserse Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Irfan Nurmansyah kepada wartawan mengatakan, ketiga orang yang diamankan diantaranya berinisial L, AS dan A. Dari hasil pemeriksaan ketiga orang yang diamankan, diketahui produksi tembakau gorila itu dijualnya secara online.

"Mereka ini menjualnya secara online, dengan pengirimannya ke seluruh Indonesia," ujarnya di Bandung, Rabu.

Untuk bahan-bahan produksi serta peralatannya, didapat ketiganya dari wilayah Surabaya. Keterampilan meracik tembakau gorila itu dipelajari ketiga tersangka melalui internet.

Masih dikatakannya, produksi tembakau gorila ini telah dilakukan cukup lama.

"Mereka sudah beroperasi selama setahun," kata Ulung.

Untuk menjual tembakaunya, ia menggunakan akun jual beli di media sosial. Pengirimannya melalui paket yang telah dimodifikasi.

"Jadi dalam paketnya itu, mereka menutupi dengan makanan kecil. Hal itu dilakukan untuk mengelabui petugas pengiriman paket," katanya.

Saat ini terhadap ketiganya, polisi tengah lakukan pemeriksaan lebih dalam, untuk lakukan pengembangan penyidikan.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR