Ini Dia Kesitimewaan dan Keutamaan Bulan Rajab, Perbanyak Doa

Ragam

Rabu, 26 Februari 2020 | 13:55 WIB

200226135737-ini-d.jpg

SESUAI kalender atau penanggalan Hijriah, saat ini umat Muslim sudah memasuki bulan Rajab. Tepatnya, Rabu (26/2/2020) ini sudah masuk tanggal 2 Rajab 1441 H. Hal itu karena 1 Rajab, sejak Minggu malam lalu telah dipastikan jatuh pada Selasa (25/2/2020).

"Awal Rajab 1441 H bertepatan dengan hari Selasa Legi (mulai malam Selasa), 25 Februari 2020 atas dasar istikmal, sebab rukyah pada Ahad petang tidak dapat melihat hilal," demikian antara lain disampaikan Lajnah Falakiyah NU, melalui rilisnya beberapa hari lalu.

Lalu, apa istimewanya atau keutamaan bulan Rajab bagi umat Islam? Yang jelas, bulan ketujuh dalam kalender Hijriah ini memang adalah salah satu bulan istimewa, salah satunya karena pada bulan inilah (27 Rajab) terjadinya peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang melahirkan perintah ibadah shalat.

Lebih dari itu, Rajab juga diketahui merupakan salah satu dari empat bulan yang haram (yang disucikan) yang antara lain disebutkan di dalam Al-Quran surah At-Taubah ayat 36. Bahkan, memperjelas ayat tersebut, sebagaimana diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pun telah bersabda:

"Sesungguhnya zaman telah berputar seperti keadaannya di hari saat Allah Ta'ala menciptakan langit dan bumi, satu tahun ada dua belas bulan. Di situ terdapat empat bulan yang diharamkan atau disucikan Allah. Tiga bulan tersebut adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab adalah bulan yang terletak antara Jumadil Akhir dan Sya'ban."

Sebagai bukti lain bahwa Rajab adalah bulan yang istimewa, bahkan diketahui ada doa khusus yang senantiasa dibaca Nabi Muhammad SAW di tiap-tiap datangnya bulan Rajab. Berikut doa bulan Rajab yang biasa dibaca Rasulullah SAW tersebut:

Artinya: "Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Sya'ban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan."

Lantas, kapan doa khusus ini biasanya dibaca? Begitu masuk bulan Rajab, itu pasti, bisa sendiri atau bersama-sama jamaah di masjid. Tapi secara lebih luas, doa bulan Rajab ini bisa dibaca tiap-tiap selesai shalat fardhu maupun shalat sunah, atau di waktu-waktu lain selama bulan Rajab.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR