Redam Travel Nakal, Sapuhi Gelar Pameran Umrah Juara

Bandung Raya

Selasa, 25 Februari 2020 | 18:04 WIB

200225180427-redam.jpg

wikipedia

ilustrasi

MINAT masyarakat dalam melaksanakan umrah sempat terganggu oleh keberadaan oknum travel umrah "nakal" dan tidak berizin. Padahal, beberapa tahun terakhir minat masyarakat untuk menjalankan ibadah umrah terus menanjak.

Demikian diungkapkan Ketua Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Jawa Barat, Zainurrofieq, di Bandung, Selasa (25/2/2020). Ia memperkirakan, jumlah jemaah yang beribadah umrah mencapai lebih dari 150 ribu orang setiap tahunnya.

"Sangat disayangkan, tingginya minat masyarakat untuk umrah dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab dengan menggunakan iming-iming biaya umrah murah," ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini umrah sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Banyak umat muslim yang menjalankan ibadah umrah hingga berkali-kali.

Persoalannya, tidak sedikit masyarakat yang menjadikan harga murah sebagai pertimbangan dalam memilih penyedia layanan umrah. Kondisi tersebut, menurut Zainurrofieq, diperparah dengan masih minimnya informasi seputar umrah.

Akibatnya, tidak sedikit korban travel umrah abal-abal berjatuhan. Karena tergiur iming-iming biaya umrah murah, mereka bukan hanya tidak bisa berangkat ke tanah suci, tapi biaya yang sudah disetorkan pun melayang.

"Waspada, travel umrah nakal dan tidak berizin masih berkeliaran," ujarnya seperti ditulis wartawan "PR", Ai Rika Rachmawati.

Pameran
Kondisi tersebut, menurut Zainurrofoeq, mendorong pihaknya menggelar Pameran Umrah Juara yang akan berlangsung pada 26 Februari hingga 1 Maret 2020 di Trans Studio Mall (TSM), Bandung.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin mengedukasi masyarakat terkait penyelenggara umrah yang aman dan berizin.
"Terdapat 30 stan yang diisi perbankan syariah, asuransi, serta perusahaan lain yang berkaitan dengan umrah," katanya.

Bagi masyarakat yang mencari promo paket umrah, menurut dia, pameran tersebut juga menyediakan informasi tersebut. Terdapat promo paket umrah seharga Rp 19.900.000, dengan DP hanya Rp 500 ribu.

"Selain itu, terdapat juga Paket Haji Furoda, daftar tahun ini, berangkat tahun ini, dengan cashback Rp 3,5 juta," katanya.

Selain pameran, kata Zainurrofieq, kegiatan tersebut juga akan diisi sosialisasi tentang umrah untuk masyarakat. Salah satunya, tentang program 5 Pasti dari Kementerian Agama, yaitu "Pastikan travelnya berizin, Pastikan programnya, pastikan visa, tiket dan hotelnya".

"Masyarakat bisa mendapatkan banyak informasi tentang umrah di Pameran Umrah Juara. Travel umrah yang ikut pameran ini sudah terpercaya," ujarnya.

Ketua Steering Commite, Edwin Miftahudin menuturkan, pameran tersebut mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Rencananya, Wakil Gubernur Jawa Barat UU Rhuzanul Ulum akan membuka secara langsung.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR