Ratusan Mahasiswa Unjani Ikuti Kuliah Umum Pelatihan Start Up

Bandung Raya

Selasa, 25 Februari 2020 | 17:07 WIB

200225170753-ratus.jpg

Ratusan mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) dari berbagai jurusan, mengikuti Kuliah Umum Pelatihan Start Up di Gedung Fakultas Psikologi Lantai 4 kampus Unjani Jalan Terusan Sudirman Kota Cimahi, Selasa (25/2/2020).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jabar-Kota Cimahi ini, diharapkan dapat membekali mahasiswa yang tertarik untuk memulai wirausaha.

Kabag Kerjasama Unjani, Arlan Siddha mengatakan, kegiatan diselenggarakan menjawab tantangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim soal kampus merdeka.

"Salah satunya, lulusan harus bisa menyerap tenaga kerja. Karena itu, Unjani menjalin kerjasama dengan pengusaha yang tergabung dalam Hipmi, dengan harapan bisa menularkan virus kewirausahawan ke mahasiswa," ujarnya.

Menurut Arlan, lulusan bisa mendirikan usaha yang malah bisa menyerap tenaga kerja. Hipmi dengan jejaring para pengusaha muda, juga dapat menampung mahasiswa untuk proses pembelajaran.

"Misalnya ada praktik magang, mahasiswa bisa ditempatkan di perusahaan milik anggota Hipmi. Jika ternyata bisa sekaligus diserap sebagai tenaga kerja, maka akan membantu percepatan pemeringkatan universitas dengan banyaknya serapan tenaga kerja lulusan Unjani," tuturnya.

Ketua Umum BPD Hipmi Jabar, Jodi Janitra mengatakan, pihaknya datang ke kampus untuk menularkan semangat wirausaha ke mahasiswa. "Kuliah umum kita gelar di 4 daerah se-Jabar, di antaranya Unjani di Kota Cimahi," ujarnya.

Hal itu mengacu pada program Hipmi nasional yaitu Hipmi Perguruan Tinggi (PT). "Kita ingin buat unit kegiatan mahasiswa yaitu Hipmi PT Unjani, menjadi program nasional untuk mengembangkan virus  wirausaha di kalangan mahasiswa.

Kalau sudah minat jadi pengusaha, Hipmi siap menampung sehingga keanggotaan lebih besar ke depan," katanya.

Pihaknya juga siap menampung mahasiswa untuk kegiatan magang. "Ketika ada kebutuhan mahasiswa bekerja magang, maka Hipmi siap mengarahkan di perusahaaan anggota," jelasnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR