Petugas Pastikan Temukan Sejumlah Peralatan Pembuatan Pil Narkotika Saat Penggerebekan

Bandung Raya

Senin, 24 Februari 2020 | 17:43 WIB

200224174431-petug.jpg

DEPUTI Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari pastikan, petugas menemukan sejumlah peralatan dari penggerebekan dan penggeledahan yang dilakukan. 

Petugas menemukan dua mesin pencetak pil berukuran besar yang terdiri dari dua unit, dan pil berjumlah 3.050 butir yang telah dikemas dan siap untuk diedarkan.

Selain itu, lanjut Arman, petugas menemukan sisa bahan yang belum atau gagal cetak di lokasi. Jika ditotalkan, terdapat 4 juta butir pil yang ditemukan oleh petugas. Petugas juga menemukan bahan kimia cair dan padat berupa tepung atau powder serta bahan lainnya yang bakal diidentifikasi di laboratorium.

"Ini yang sudah dipaket tetapi yang tidak di dalam paket juga kita temukan banyak termasuk sisa-sisa dan juga yang gagal cetak. Kalau kita total keseluruhan ada sekitar 4 juta butir," kata dia, Senin (24/2/2020).

Arman mengaku, pihaknya masih butuh keterangan dari laboratorium agar data yang diperoleh akurat. Akan tetapi, secara garis besar, pil yang ditemukan petugas terdiri dari tiga tipe antara lain obat keras Golongan G, psikotropika, dan narkotika Golongan 1 yang tercantum dalam UU mengenai narkotika.

"Tiga tipe atau tiga bahan utama yang pertama adalah obat-obat keras yang termasuk dalam Golongan G kemudian juga terdapat psikotropika dan kita temukan narkotika Golongan I sesuai dengan UU narkotika yang dimiliki," terang dia.

"Namun jumlah tiga golongan tadi belum dapat disampaikan karena perlu pemeriksaan yang lebih detail," lanjut dia.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR