Desa Majasetra Menuju Persiapan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bandung

Bandung Raya

Senin, 24 Februari 2020 | 16:11 WIB

200224161215-desa-.jpg

APARATUR Desa Majasetra bersama tim pendamping desa dan Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, sedang melaksanakan persiapan lomba desa tingkat Kabupaten Bandung yang akan digelar verifikasi administrasi desa pada 4-6 Maret 2020 mendatang. 

Pembahasan persiapan lomba desa itu dilaksanakan di Ruang Rapat Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Senin (24/2/2020). Hadir pada kesempatan itu, Kepala Desa Majasetra Dadang Darajat, Tim Pendamping Desa Asep Deni dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Majalaya CA Saefudin, serta para tokoh masyarakat lainnya. Desa Majasetra diikutsertakan dalam lomba desa karena merupakan desa terbaik di Kecamatan Majalaya. 

Tim Pendamping Desa se-Kecamatan Majalaya Asep Deni mengatakan, persiapan lomba desa tingkat Kabupaten Bandung itu, sebenarnya sudah dilaksanakan sejak awal Februari 2020 lalu. Setelah sebelumnya, Desa Majasetra lolos dalam seleksi lomba desa tingkat Kecamatan Majalaya. "Dalam menghadapi lomba desa itu, mulai dari kesiapan dalam evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa. Kemudian kesiapan kewilayahan dan kemasyarakatan desa," kata Asep Deni didampingi Kasi Pemerintahan Kecamatan Majalaya CA Saefudin kepada galamedianews.com di Desa Majasetra. 

Ia mengatakan, berbicara tentang penyelenggaraan pemerintahan desa, yaitu tentang tata kelola pengelolaan keuangan desa. "Termasuk di dalamnya administrasi desa," katanya.

Kemudian terkait dengan lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sesuai dengan fungsinya sebagai lembaga tersebut. 

"Bagaimana lembaga BPD tersebut menjalankan peran dan fungsinya menampung aspirasi masyarakat. Selain itu melaksanakan kontrol penyelenggaraan desa," ungkapnya.

Kemudian di bidang kewilayahan, imbuh Asep Deni, yaitu mengevaluasi inovasi desa sebagai dukungan tata kelola perwilayahan. 

Terkait dengan kemasyarakatan desa, Asep mengatakan,  peran kelembagaan desa dalam mendukung penyelenggaraan pemerintah desa, baik itu implementasi pelaksanaan maupun tertib administrasi di masing masing kelembagaan.

"Tujuan utama evaluasi perkembangan desa/kelurahan adalah untuk mengukur sejauh mana desa melakukan tata kelola pemerintahan desa, tata kelola pengelolaan keuangan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa dua tahun terakhir," katanya. 

Asep sebagai Tim Pendamping Desa se-Kecamatan Majalaya dalam melakukan pendampingan terhadap Desa Majasetra yang saat ini sudah memasuki tahapan persiapan lomba desa tersebut. 

"Saat ini dalam tahapan persiapan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Desa Majasetra. Hal itu pula terkait hasil penilaian tingkat Kecamatan Majalaya. Intinya dalam lomba desa itu berkaitan dengan inovasi desa yang menjadi titik kritis penilaian dan itu menjadi salah satu indikator penilaian di desa," katanya.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Majalaya CA Saefudin mengatakan, sebelum Desa Majasetra mewakili lomba tingkat Kabupaten Bandung, sempat melewati proses seleksi dengan dua desa lainnya di tingkat Kecamatan Majalaya, yakni Desa Majalaya dan Padaulun.

"Dari ketiga desa itu, akhirnya yang lolos mengikuti seleksi lomba desa tingkat Kabupaten Bandung adalah Desa Majasetra. Desa Majasetra adalah yang paling siap dalam mengikuti lomba desa," kata Saefudin. 

Ia mengatakan, aparatur desa dengan kepemimpinan Kepala Desa yang baru tak bisa diikutsertakan dalam lomba desa. 

"Soalnya, dalam penilaian lomba desa dilihat dari penyelengaraan atau tata kelola pengelolaan pemerintahan desa dua tahun sebelumnya," pungkasnya. 

 

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR